Samboja Barat Dipilih Sebagai Tuan Rumah Nusantara AGRIFest 2023

0
36
Camat Samboja Barat, Burhanuddin (istimewa)

TNews, Kukar – Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN) telah menetapkan Kecamatan Samboja Barat, Kutai Kartanegara sebagai tuan rumah Nusantara AGRIFest 2023, sebuah kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk pertama kalinya oleh Otorita IKN.

Keputusan ini diumumkan setelah pertemuan antara Bupati Kukar Edi Damansyah dan Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN, Myrna A Safitri di Jakarta.

Nusantara AGRIFest 2023 akan berlangsung pada November 2023, dengan lokasi utama di Desa Margo Mulyo, Samboja Barat.

Sementara itu, Camat Samboja Barat, Burhanuddin, secara rutin berkomunikasi dengan Direktur Ketahanan Pangan Otorita IKN. Pembicaraan mereka mencakup beragam aspek, mulai dari pengembangan sektor pertanian hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Burhanuddin menyoroti potensi sektor pertanian di Samboja Barat, khususnya dalam budidaya timun.

Para petani di wilayah tersebut dapat menghasilkan pendapatan yang sangat menjanjikan, mencapai sekitar Rp100 juta dalam satu bulan. Selain itu, upaya seperti Kampung Lengkeng dan hidroponik estate juga mendukung kebutuhan di Balikpapan.

Dalam menyambut Nusantara AGRIFest, Burhanuddin menekankan peran penting Samboja Barat sebagai pilar ketahanan pangan. Selain itu, Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kukar juga telah melakukan penelitian analisis sosial ekonomi masyarakat dalam sektor perkebunan, pertanian, dan kelautan.

“Upaya ini bertujuan untuk mendukung pengembangan sektor pertanian yang luas dan mengatasi kendala dalam pengembangan serta pendekatan SDM yang terbatas,” pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.