Segala Fasilitas Disiapkan, RSUD Datoe Binangkang Jadi Rujukan Pasien Covid-19

0
126

ADVETORIAL, BOLMONG — Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terus dilakukan. Berbagai upaya serta penyediaan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Daerah (RSUD) Datoe Binangkang disiapkan jika ada yang terinfeksi virus tersebut.

Diketahui, 16 Maret 2020, RSUD Datoe Binangkang ditetapkan sebagai RS rujukan untuk menangani pasien Covid-19. Penetapan itu berdasarkan SK Gubernur Sulut Olly Dondokambey Nomor 102 Tahun 2020 Tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penunjang Untuk Penanggulangan Penyakit Infeksi Tertentu Atau Emerging.

Direktur RSUD Datoe Binangkang Debby Cintia Dewi Kulo menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan seluruh prosedur penanganan pasien yang terkena Covid-19. “RSUD Datoe Binangkang ditetapkan sebagai RS rujukan penunjang, kami sudah menyiapkanya. Mulai dari ruang isolasi pasien, dan Alat Pelindung Diri (APD), alat pembantu pernafasan (Ventilator) dan alat penunjang kesehatan lainnya ,” ungkap Debby, Kamis (02/04/2020).

Lanjutnya, bantuan dari Pemprov Sulut juga telah diterima seperti APD. “APD sudah ada, semuanya bantuan dari Pemprov. Ada ekitar 55 paket lengkap, dan sisanya hanya bajunya saja. Kami mengakui memang hampir semua RS ketersediaan APD memang terbatas. Tapi secara umum kami sangat siap melayani jika ada pasien covid-19,” tegas Debby.

Di sisi lain kata dia, guna menghindari penyebaran covid-29 tersebut, RSUD Datoe Binangkang juga telah meniadakan jam berkunjung bagi pasien. “Ditiadakanya jam besuk pasien merupakan upaya pencegahan penyebaran virus dan upaya memutus rantai penyebaran di lingkungan RS. Pasien yang berada di ruang rawat inap, rawat jalan dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) hanya didampingi penjaga pasien maksimal satu orang, dan wajib mengenakan kartu jaga pasien, serta wajib mengikuti protokol pemeriksaan kesehatan setiap masuk dan keluar RS,” ujarnya.

Kesiapan RSUD Datoe Binangkang menangani pasien Covid-19 juga telah dilaporkan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk kepada Gubernur Sulut saat menggelar video converence baru-baru ini.

Sebelumnya, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow menyatakan, Pemkab Bolmong sudah menyiapkan anggaran tak terbatas  untuk menangani penyebaran dan pencegahan Covid-19. “Anggaran berapapun kita telah siapkan. Untuk awal sudah disiapkan pengadaan APD sebanyak 2.000 set. Sudah termasuk masker dan rapid test sesuai dengan kebutuhan Dinkes dan RS Datoe Binangkang,” tutur Top Eksekutif Pemkab Bolmong itu.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.