Side Event W-20 di Likupang Minahasa Utara Sukses Digelar

0
247

JG/KWL : Atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten Minahasa Utara berterima kasih kepada Presiden Indonesia Bpk. Ir Joko Widodo, Organisasi Perempuan PBB, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, juga kepada Gubernur Sulawesi Utara yang telah memberi kepercayaan kepada kabupaten kita untuk menyelenggarakan salah satu acara W20

TNews, Minut – Puncak Perhelatan kegiatan Side event Women of Twenty (W20) sebagai kelompok masyarakat yang dilibatkan dalam presidensi G-20, Selasa pagi (15/2) dengan side event pertama di Cassabayo Paradise Hotel Likupang Timur, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.


Pelaksanaan sejak Senin (14/2/2022) hingga Rabu (16/2/2022) ini, dihadiri perwakilan W-20 baik secara offline, maupun secara online.
Side Event W20 yang digelar di Likupang diawali dengan sambutan Chair W20 Indonesia Hardiani Uli Silalahi disusul Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, kemudian Ketua Umum Kowani Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd, UN Women Indonesia Country Representative and ASEAN Liaison, Bupati Minut Joune Ganda, SE dan Wakil Bupati Kevin W Lotulung, SH, MH masing-masing bersama istri.


Hadir juga dalam kegiatan ini, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Presentasi perdana disampaikan Head of Networks, Partnerships and Gender Division, OECD Development Centre Bathylle Missika, mengulas awal sejarah dari W20.
Tiga pembicara utama yaitu delegasi dari Jepang Prof Yoriko Meguro, Saudi Arabia Salma Al Rashid dan delegasi Italia yaitu Martina Rogato.


Dalam sesi Perspectives and Recommendations, tampil sebagai pembicara HE Penny Williams dan utusan Indonesia Shinta Kamdani d. Pembicara utama, menghadirkan dua perempuan hebat yang merupakan wakil delegasi dari Korea Selatan Kang Minah dan Nursyahbani Katjasungkana. Dilanjutkan oleh wakil Indonesia yaitu Prof Dr Sulistyowati Irianto dan wakil dari delegasi W20 Austarlia Caitlin Byrne.
Diskusi publiK, digelar dengan system working group discussion mulai pukul 14.30 Wita hingga pukul 15.30 Wita dipimpin oleh perwakilan dari W20 India, Pam Rajput.
Kegiatan ini pun berakhir pada pukul 16.00 Wita dengan hasil diskusi oleh Co-Chair W20.
Sukses pelaksanaan even internasional W-20 ini tak lepas dari peranan Bupati Minuy Joune Ganda dan Wakil bupati Kevin W Lotulung yang bertindak sebagai tuan rumah yang baik, dalam mempersiapkan sarana pendukung, sehingga tamu negara merasa nyaman berkegiatan di Destinasi Super Prioritas (DSP) Likupang yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.


Selain dihadiri SW20) Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE dan Ibu, juga dihadiri Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh, Kapolda Sulut Irjen Pol. Drs. Mulyatno, S.H., M.M, Danlantamal VIII Manado Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, Danlanudsri Manado Marsma TNI M. Satriyono Utomo, Mewakili Mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indra Gunawan, Ketua Umum Kowani Kongres Wanita Indonesia Uli Silalahi, Chair W20 Ibu Uli Silalahi, CO Chair Ibu Dian Siswarini, Delegasi Australia Lisa Noor Humaida, Delegasi Jepang Mr. Sasaki Hiroki, Ketua DPRD Sulut dr. Fransiscus Andi Silangen, SpB., KBD, Sekprov Sulut Gemmy Kawatu, Dandim 1310/Btg Letkol Arm Yoki Efriandi, Kapolres Minahasa Utara AKBP Bambang Yudi Wibowo, S.Ik.


Bupati dalam mengatakan, atas nama pribadi, pemerintah kabupaten dan masyarakat Minahasa Utara memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih, merasa bangga atas kepercayaan dan peluang penyelenggara acara internasional W20 yang dipercayakan di Minut, khususnya di Likupang yang adalah Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia
“Kegiatan Organisasi Women Twenty atau W-20 di Likupang merupakan momentum emas bagi kami, sekaligus sebagai legitimasi, prestasi, promosi dan kredibilitas kabupaten Minahasa Utara, untuk dunia internasional,” kata JG.
Selanjutnya bupati didampingi wakil bupati menuturkan, bahwa Kehadiran pemimpin dengan membawa berbagai kerjasama, pemikiran, ide dan inovasi cerdas dari wanita internasional menuju kebebasan wanita dari diskriminasi gender, menjadi golden note dan energi baru untuk Minut khususnya dan Sulut umumnya.


JG juga mengatakan, Menteri yang hadir, sangat menginspirasi melalui ide-ide inovatif untuk produktivitas W20 atau G20, serta mampu menghasilkan pemecah besar, membangun kerja sama, dan meningkatkan kekuatan, untuk memastikan masyarakat dilingkungan kerja tidak ada lagi diskriminasi untuk wanita, akan terus meningkatkan peran perempuan dengan memberikan banyak kesempatan kepada kaum perempuan untuk berkarya dan berdaya di berbagai bidang.
“Atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten Minahasa Utara berterima kasih kepada Presiden Indonesia Bpk. Ir Joko Widodo, Organisasi Perempuan PBB, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, juga kepada Gubernur Sulawesi Utara yang telah memberi kepercayaan kepada kabupaten kita untuk menyelenggarakan salah satu acara W20,” ujar Joune seraya menambahkan bahwa saat ini lingkup Minahasa Utara menarik perhatian dunia sehingga dari Likupang, Minut berinisiatif untuk mempromosikan pemulihan situasi global. Minut Maju, Minut Hebat, Sulut Semakin Hebat. (MT/Adv))

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.