Sukses! IKD di Kukar Capai Angka 20.500 Pengguna, Tertinggi di Kaltim

0
21
Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iryanto (istimewa)

TNews, Kukar – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah mencapai prestasi mengagumkan dengan jumlah aktivasi Identifikasi Kependudukan Digital (IKD) melebihi 20.500 pengguna. Keberhasilan ini menjadikan Kukar sebagai yang tertinggi di Kalimantan Timur (Kaltim) dalam hal aktivasi IKD.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kukar Muhammad Iryanto
mengungkapkan bahwa pencapaian ini telah melebihi target yang telah ditetapkan oleh Disdukcapil. Hal ini kata dia, merupakan bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Kukar dalam mendorong transisi menuju digitalisasi identifikasi kependudukan.

“Kami terus melakukan sosialisasi dan aktivasi hingga ke tingkat desa-desa. Saat ini, jumlah pengguna IKD di Kukar telah mencapai lebih dari 20.500, dan ini merupakan angka tertinggi di Kalimantan Timur,” ungkapnya belum lama ini.

Untuk mencapai kesuksesan ini, tim Disdukcapil terjun langsung ke lapangan dengan melakukan pendataan mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, hingga desa. Mereka melakukan berbagai langkah, termasuk sosialisasi kepada masyarakat dan menawarkan kemudahan penggantian Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Selain itu, aktivasi IKD dilakukan secara fleksibel, memudahkan masyarakat dalam pencatatan sipil. Aplikasi IKD menyediakan akses mudah untuk melihat berbagai dokumen penting seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), kartu pemilih, dan BPJS, semuanya dapat diakses melalui perangkat genggaman tangan.

Dalam upaya meningkatkan aktivasi IKD, Disdukcapil Kukar juga memberikan kemudahan dengan pengguna hanya perlu mengaktifkan QR Code di kantor Disdukcapil Kukar, MPP Kukar, atau kantor kecamatan terdekat.

“Masyarakat Kukar cukup membawa smartphone mereka dan melapor ke petugas kecamatan untuk meminta aktivasi. Kami juga mendorong masyarakat Kukar untuk segera mengaktivasi IKD ini karena prosesnya gratis dan memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat,” jelasnya (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.