Trans Pato’a Ocean Park Bolsel Diresmikan

0
172

ADVERTORIAL, BOLSEL – Bupati Bolsel Hi Iskandar Kamaru SPt dan Wakil Bupati (Wabup) Bolsel Deddy Abdul Hamid mendampingi Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PPMD) Kemendesa PDTT Taufik Madjid S Sos Msi meresmikan Pilot Inkubasi Inovasi Desa – Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID – PEL) di Desa Trans Pato’a, Kecamatan Helumo, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Jumat (06/03/2020).

Dalam kesempatannya Bupati Bolsel, mengucapkan selamat datang kepada Anggota Komisi V DPR RI Hi Herson Mayulu SIP dan Dirjen PPMD Kemendesa PDTT RI, bersama Direktur PUED dan Rombongan. “Selamat datang di bolsel, ini merupakan sebuah kebanggaan bagi masyarakat, karena bapak dirjen dan rombongan berkenan menginjakan kaki di daerah kami,” ungkap top eksekutif di tanah bernuansa religgius tersebut.

Kamaru juga mengatakan, dirinya selaku pimpinan tertinggi Eksekutif di Bolsel mendukung penuh kebijakan Pemerintah pusat untuk membangun dan mengembangkan Desa menuju desa mandiri, ini merupakan sebuah pengakuan dan penghormatan negara kepada desa sebagai upaya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat desa. Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 bahwa pembangunan desa telah menjadi prioritas dalam pembangunan nasional. “Ucapan terima kasih juga kami ucapkan kepada direktorat jenderal PPMD kementrian desa yang telah memberikan bantuan Rp. 1.351.304.200 program pilot inkubasi inovasi desa pengembangan ekonomi lokal di transpatoa,” tuturnya.

Sementara itu, Dirjen PPMD Kemendesa PDTT mengatakan, Dalam pembangunan desa perlu perencanaan dan kebijakan yang tepat dan terarah. “Penerapan kebijakan dan program pembangunan perlu didukung oleh ketersediaan data dan informasi berbasis wilayah yang akurat untuk melengkapi data sektoral yang ada,”tuturnya.

Menurutnya Hal terpenting yang harus ada dalam perumusan kebijakan dan pelaksanaan program pembangunan adalah data. Tanpa data, pelaksanaan pembangunan akan berjalan tanpa arah dan tujuan,”untuk itu kami sangat memerlukan data dalam membangun desa,”tandasnya.

Diketahui Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Sulut yang diwakili oleh Karo Perekonomian Sulut Hany Wajong, Anggota komisi V DPR Republik Indonesia Hi Herson Mayulu S IP, Direktur PUED Kemendes PDTT Drs Nugroho S Nagoro MSi, Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy  S Stp, Pimpinan dan Anggota DPRD Bolsel, Unsur Forkopimda, Kakan Kemenag Bolsel, Kepala Pengadilan Agama Bolsel, Koordinator Provinsi KPW Sulut beserta tenaga ahli P3MD, para Asisten, Pimpinan OPD, Camat, Sangadi, serta para pelaksana Bumdes se Bolsel. dan masyarakat umum.

Terinformasi, Pemkab Bolsel sudah dua kali mendapatkan bantuan langsung dari Kemendes PDTT RI, dimana sebelumnya pernah sekali menerima bantuan Embung Desa yang diberikan kepada salah satu Desa di Kecamatan Bolaang Uki.

 

Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.