Wakili Pj Bupati Bolmong, Tahlis Serahkan Bantuan Beras Kepada 3 Kelompok Lumbung Pangan

0
64

ADVERTORIAL, BOLMONG – Mewakili Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang resmi menyerahkan bantuan beras lumbung pangan kepada 3 kelompok.

3 kelompok tersebut tersebar di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Dumoga Utara, Kecamatan Poigar, dan Kecamatan Sangtombolang.

3 kelompok ini diketahui mendapat bantuan beras lumbung pangan dari Pemkab Bolmong sebesar 15 ton beras.

Penyerahan bantuan diserahkan di Desa Mopugad Utara, Kecamatan Dumoga Utara, Kamis 9 Juni 2022.

Dihadiri langsung penerima bantuan, para kepala OPD, Camat, Sangadi, serta penyuluh pertanian.

Sekda Tahlis dalam sambutannya mengatakan, dibentuknya kelompok lumbung pangan kali ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat.

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah, baik bersifat jangka pendek maupun jangka panjang mengacu pada permasalahan utama yang terjadi selama ini.

Yaitu tingginya disparitas harga antara produsen dan konsumen yang mengakibatkan keuntungan tidak proporsional bagi pelaku usaha.

“Harga yang tinggi di tingkat konsumen tidak menjamin petani mendapatkan harga yang layak, Sehingga diperlukan keseimbangan harga yang saling menguntungkan, baik di tingkat produsen maupun tingkat konsumen,” kata Sekda.

Berdasarkan permasalahan tersebut lanjut Tahlis, Pemerintah Daerah melakukan terobosan sebagai solusi permanen dalam mengatasi gejolak harga pangan yaitu melalui kegiatan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) yang didalamnya berisi lumbung pangan masyarakat (LPM).

Peran LPM secara tidak langsung berperan dalam mengatasi anjloknya harga pada masa panen dan tingginya harga pada saat paceklik dan menjadi instrumen yang dibuat pemerintah untuk menahan gejolak harga dalam situasi tertentu, merupakan mekanisme yang  berkelanjutan baik pada saat situasi suplai melimpah dan kurang atau sebagai stabilisator, dalam menjaga pasokan pangan pemerintah bersama masyarakat.

Tahlis bersyukur pada pembangunan konstruksi lumbung pangan, pemerintah mendapat bantuan dari pemerintah pusat dan saat ini sudah mulai dimanfaatkan.

Sedangkan untuk penyaluran bantuan beras dianggarkan lewat APBD.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bolmong I Wayan Mudiyasa dalam laporannya menyampaikan, 3 kelompok yang mengelola cadangan pangan masyarakat (CPM) terdapat di 3 kecamatan. Yakni Kelompok lumbung pangan masyarakat Tirto Sidomulyo yang terdapat 3 di desa Mopugad Utara Kecamatan Dumoga Utara.

Kelompok lumbung pangan masyarakat Maju Bersama di Desa Gogaluman, Kecamatan Poigar.

Dan Kelompok lumbung pangan masyarakat Cempaka di Desa Cempaka, Kecamatan Sangtombolang.

I Wayan menambahkan, pengisian lumbung pangan masyarakat ini Pemda Bolmong telah bekerja sama dengan Perum Bulog Cabang Bolaang Mongondow.

 “Sumber dana pengisian lumbung pangan masyarakat ke 3 kelompok Tahun anggaran 2022 ini bersumber dari APBD senilai Rp170.000.000,” ungkap Mudiyasa.

Imran Asiaw 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.