Bupati Bengkulu Selatan Minta Camat dan Kades Pantau Warga Sakit

0
185
Gambar : Bupati Bengkulu Selatan minta Camat dan Kades pantau warga sakit.

TNews, BENGKULU SELATAN – Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, SE, MM sebagai Bupati BS dan H. Rifa’i Tajuddin, S.Sos Wakil Bupati BS, meminta kepada para Camat dan Kepala Desa di kabupaten Bengkulu Selatan, untuk memantau warganya yang sakit untuk cepat mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal.

Apalagi Pemkab Bengkulu Selatan tengah gencar-gencarnya memaksimalkan Program Jemput Sakit Pulang Sehat (JSPS). Program tersebut melibatkan Tim Reaksi Cepat (TRC) di Bidang Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan di Bidang Sosial Dinas Sosial (Dinsos) BS.

Untuk itu, agar program tersebut berjalan maksimal, Bupati menginstruksikan jika Mobil Dinas (Mobnas) yang dipakai seluruh pejabat di lingkungan Pemkab BS, bisa dijadikan ambulan Emergency atau dalam keadaan darurat.

Bupati menerangkan, ambulans Emergency yang dimaksud yakni jika sewaktu-waktu ada warga sakit dan memerlukan kendaraan untuk pergi berobat atau dirujuk ke rumah sakit. Masyarakat bisa menggunakan mobnas tersebut.

Sebab, menurut Bupati mobnas tersebut dibeli dari uang rakyat, sehingga sepatutnya bisa melayani rakyat. Untuk itu, tidak ada alasan lagi jika pejabat tidak memperbolehkan mobnas yang ia pakai untuk kepentingan masyarakat, utamanya antar warga sakit untuk berobat ke rumah sakit.

Bahkan, Bupati mengancam akan memberikan sanksi bagi pejabat yang tidak memperbolehkan mobnasnya untuk mengantar warga sakit untuk berobat.

“Kendaraan dan fasilitas lainnya yang kita miliki semunya menggunakan uang rakyat. Jadi tidak ada alasan tidak mau mengantar warga sakit. Jika masih juga tidak mau, maka pejabatnya akan kami panggil dan kami sanksi. Bahkan, bisa diberhentikan dari jabatannya,” tegas Bupati.

Gusnan mengaku, sejak dahulu dirinya sudah mencanangkan mobnas sebagai ambulans Emergency bagi warga BS. Untuk itu, bagi setiap pejabat jangan takut jika sewaktu-waktu diminta tolong warga jika dalam keadaan darurat butuh pertolongan.

Khususnya mobnas para Camat yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Bupati juga telah mengintruksikan kepada seluruh Kades untuk terus melakukan pemantauan kepada keadaan masyarakatnya. Jika di daerahnya ada masyarakat yang sakit perlu mendapatkan perawatan yang lebih baik atupun dirujuk maka segera sampaikan.

“Jangan takut menyampaikan keluhan kepada kami, utama masalah kesehatan. Jika membutuhkan pertolongan segera sampaikan. Maka kami akan langsung memberikan pelayanan kesehatan tersebut secara gratis. Pejabat juga jangan takut dihadang di jalan atau diminta tolong untuk rujukan warga sakit,” tutur Gusnan.*

Reporter : Sony

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.