Jembatan Gantung di Desa Padang Manis Rusak Parah, Ancam Keselamatan Warga

0
140
Gambar: Jembatan Gantung di Desa Padang Manis Rusak Parah, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan dikeluhkan warga setempat, karena mengancam keselamatan warga yang melewatinya.

TNews, BENGKULU SELATAN – Jembatan gantung yang berada di Desa Padang Manis, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan dikeluhkan warga setempat. Pasalnya, kondisi jembatan sudah lapuk dan sangat memprihatinkan serta mengancam keselamatan warga yang melintas.

Maka dari itu, Pemerintah Desa Padang Manis terus berupaya agar jembatan gantung untuk kepentingan pertanian warganya segera diperbaiki. Hal ini dianggap penting karena jembatan satu-satunya akses jalan warga menuju areal pertanian, sekaligus juga penghubung Desa Padang Manis dengan tetangga Desa Sibiris.

Pantauan media ini di lokasi jembatan gantung yang berada di Desa Padang Manis Kecamatan Manna, penampakan jembatan memang sudah sangat tidak layak untuk dilalui warga. Karena hampir seluruh lantai serta besi jembatan sudah mengalami rusak berat.

Salah satu warga yang kebetulan melintas bernama Mak Selvi menggunakan jembatan tersebut saat ditanya oleh wartawan mengatakan, bahwa jembatan tersebut sudah sangat lama mengalami kerusakan, namun mau tidak mau meskipun harus beresiko tinggi warga tetap harus melalui jembatan tersebut karena jembatan itu satu-satunya akses jalan menuju areal pertanian mereka.

“iya pak meskipun kondisi jembatan sebenarnya tidak layak lagi dilewati, namun kami tetap harus melewatinya dengan penuh hati-hati. Hal ini jelas harus kami lakukan karena menuju lokasi pertanian kami harus menggunakan jembatan ini,”kata Mak Selvi.

Sementara itu, salah satu Perangkat Desa Padang Manis Alizan menjelaskan bahwa lokasi pertanian Warga yang menggunakan jembatan tersebut, kurang lebih 20 hektaran.

Beliau juga menjelaskan bahwa jembatan ini mengalami kerusakan sudah sangat lama kurang lebih 5 tahun, “Jembatan ini rusak berat kurang lebih lima tahunan, padahal jembatan ini satu satunya akses jalan warga menuju areal pertanian mereka, kita sangat mengkhawatirkan keselamatan mereka akibat masih harus memaksakan melewati jembatan ini, yang paling kasihan lagi saat mereka sedang mengeluarkan hasil pertaniannya,” ungkap Arlizan.

Di sisi lain Kepala Desa Padang Manis Hartan juga berharap banyak, agar kiranya Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi dapat melirik perbaikan jembatan di Desanya, karena jembatan ini sudah sangat tidak layak lagi dilalui oleh Warga.

“Kita dari Pemerintah Desa Padang Manis bersama Masyarakat berharap kiranya jembatan di Desa Kami dapat diperhatikan untuk diperbaiki, sebab jembatan ini sudah sangat tidak layak lagi kiranya jangan sampai jembatan ini memakan korban karena jembatan ini satu-satunya akses jalan menuju pertanian warga,”ujar Kepala Desa.*

Reporter: Sony

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.