POSLUHDES Bangkitkan Semangat dan Kemampuan Petani Desa Padang Pandan

0
71
POSLUHDES Bangkitkan Semangat dan Kemampuan Petani Desa Padang Pandan

TNews, BENGKULU SELATAN – Pos Penyuluhan Desa yang sering dikenal dengan sebutan (POSLUHDES) merupakan kelembagaan penyuluhan non struktural di desa. Posluhdes dibentuk dan dikelola secara partisipatif oleh petani dan untuk memberikan pelayanan konsultasi kepada para petani oleh Penyuluh Pertanian Swadaya.

Bertempat di balai kantor Desa Padang Pandan, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan telah diadakan kegiatan (POSLUHDES) yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) wilayah Kecamatan Manna, guna meningkatkan produksi hasil pertanian di sejumlah wilayah, Khususnya di wilayah Kecamatan Manna, Senin (06/03).

Untuk itu, Posluhdes Padang Pandan Kecamatan Manna hadir di tengah-tengah petani untuk berikan pelayanan.

Gambar: POSLUHDES Bangkitkan Semangat dan Kemampuan Petani Desa Padang Pandan

Dikatakan Iskak Marjoko, selaku Kabid Penyuluhan yang mewakili Kepala Dinas Pertanian mengatakan, fungsi Posluhdes inilah yang mempercepat peningkatan kemampuan masyarakat perdesaan utamanya pelaku utama dan pelaku usaha.

“Posluhdes juga yang memberikan pelayanan dalam pengembangan usaha petani di perdesaan yang berperan sebagai Lembaga Kemasyarakatan Desa yang menopang seluruh aspek kegiatan pemberdayaan masyarakat pertanian di perdesaan,”ujarnya.

Lebih lanjut Iskak Marjoko menjelaskan, meskipun kegiatan ini dilaksanakan di Desa Padang Pandan, tetapi cakupannya se-wilayah Kecamatan Manna dan semua desapun melakukan penyuluhan karena di setiap desa itu wajib memberikan informasi kepada para petani agar untuk bersama-sama dan kompak dari mulai tanam hingga panen juga sama merata. Karena dengan kita bersama dan kompak minimalnya dapat meminimalisir serangan hama dan penyakit lainnya.

Gambar: POSLUHDES Bangkitkan Semangat dan Kemampuan Petani Desa Padang Pandan

Di tempat yang sama, Kepala Desa Padang Pandan Yenuardi mengucapkan, “Terimakasih kepada pemerintah, karena Posluhdes ini dari wilayah Kecamatan Manna, adanya kegiatan penyuluhan ini hanya ada di Desa Padang Pandan. Pada intinya Pemdes Padang Pandan sangat bersyukur karena melalui kegiatan ini membuat para petani bisa terbantu sehingga Posluhdes ini diibaratkan menjadi Doktornya para petani, karena petani bisa langsung berkonsultasi, selain itu, juga dapat mengekspos kegiatan-kegiatan petani dan dapat langsung mengakses sumber informasi (pengetahuan) tentang Pertanian,”ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Camat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades Padang Pandan beserta perangkatnya, Ketua BPD berserta anggotanya, Anggota Kelompok Tani, PLL BPP Manna, dan Kepala Desa se-Kecamatan Manna yang mewakili.*

Reporter : Sony

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.