Wujudkan SDI, BPS Bersama Pemda Kaur Gelar FGD

0
38

TNews, KABUPATEN KAUR – Dalam Rangka Mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI), BPS bersama Pemerintah daerah kabupaten kaur melaksanakan Focus Group Discussion_ (FGD) Penyusunan Publikasi Daerah dan Pembinaan Statistik Sektoral, Senin (13/2/2023).

Bupati Kaur H. Lismidianto S.H.,M.H., diwakili oleh Sekda Kaur Dr. Drs. Ersan Syahfiri M.M membuka langsung Kegiatan FGD.

Dalam kesempatan Bupati menyampaikan tujuan dari acara yang dilaksanakan oleh BPS Kabupaten Kaur ini sejalan dengan perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI).

“Serta peran BPS selaku pembina statistik sektoral yang juga telah diturunkan melalui perbup No 107 Tahun 2021 tentang satu data Indonesia Kabupaten Kaur,  yang didampingi oleh Narasumber M.Jarnawi S.Pd.M.Pd dan Kepala BPS Kaur Rudi Setiawan SST., M.M Berserta staf BPS Kabupaten Kaur dan seluruh Kasubag Perencanaan OPD Kabupaten Kaur,” ujar Bupati.

Sementara itu Ersan Syafiri selaku Sekda Kaur mengatakan, Satu Data Indonesia merupakan kebijakan tata kelola data pemerintahan yang bertujuan untuk menciptakan data berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagi pakaikan antara Instansi Pusat maupun Daerah.

“Agar menciptkan Pemerintahan yang terintegrasi, muktahir, terpadu yang dapat dipertanggung jawabkan,” ujar Ersan Syafiri selaku Sekda Kaur

Narasumber M. Jarnawi S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa harus berkaca dari tahun yang sebelumnya. “Kabupaten Kaur belum tersturuktur secara sistematis dan harus mencontoh Kabupaten Sumedang yang sekarang pengelolaan data terbaik no 1 di Indonesia baik itu Pemda maupun Instansi yang lainnya dalam hal perekapan data,” katanya.

“Maka dari itu keuntungan kita dalam Satu data Kabupaten ini demi mempermudahan kegiatan pemda yang akan datang dan kami berharap dengan adanya kerjasama yang baik antar OPD ini akan memberikan dampak signifikan untuk proses ini yang bertanggung jawab menjadi pembina data adalah BPS Kabupaten Kaur, Sekreteriat Data yang bertanggung jawab adalah pihak Bapedda dan Litbang Kab. Kaur dan Wali Data oleh  Dinas Kominfo dan Statistik Kab Kaur,” katanya.

“Memang harus dimulai dari sekarang dan dengan telah di terbentuknya satu data Kabupaten Kaur ini nantinya setiap data lebih dipermudah dan bisa di update setiap saat,” jelas Kadis Kominfo M. Jarnawi.

Reporter : Mr. Mish

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.