Bawaslu Boltim Awasi Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2024

0
24
Gambar : Bawaslu Boltim Awasi Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2024, (27/2/2024).

TNews, BOLTIM – Badan pengawasan pemilu Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengikuti Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang bertempat di Balai Pertemuan Umum Desa Tutuyan, Selasa (27/2/2024).

Pelaksanaan Rapat Pleno terbuka tersebut diawasi langsung oleh Ketua Bawaslu Boltim Mutahir Mamonto, Trisno Mais, dan Harmoko Mando.

Ketua Bawaslu Kabupaten Boltim Mutahir Mamonto pada kesempatan itu mengatakan, bahwa sesuai surat pemberitahuan dan jadwal dari KPU Kabupaten Boltim, “Jika minggu kemarin kita telah mengawasi rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan, dan sekarang mulai perekapan di tingkat kabupaten,” ungkapnya.

Mutahir menuturkan bahwa Rapat Pleno ini penting dilakukan untuk memastikan keabsahan hasil penghitungan suara berjalan dengan transparan, adil, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Proses penghitungan suara pemilu 2024 tingkat kabupaten harus dipastikan dan berjalan dengan transparan dan akuntabel serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga hasilnya nanti tidak diragukan lagi keabsahannya,” ujar Mutahir.

Oleh karena itu, ketentuan-ketentuan teknis dan administratif penghitungan tersebut juga harus terpenuhi dengan baik. “Teknis pelaksanaan mesti terpenuhi sesuai dengan pedoman, di sisi lain administrasi hasil penghitungan juga harus dijalankan dengan baik,” tambahnya.

Diketahaui Bawaslu Boltim menghadirkan Panwaslu Kecamatan untuk bersama-sama mengawasi jalannya rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten sesuai jadwal yang ditentukan.*

Reporter : Muklas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.