Bawaslu Provinsi Sulteng Gelar Rakor Penguatan dan Pembinaan Kelembagaan

0
54
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah mengelar rapat koordinasi penguatan dan pembinaan kelembagaan Bawaslu Kabupaten/Kota Se- Provinsi Sulawesi Tengah, bertempat diruang ruang pertemuan Hotel Lawaka Kabupaten Tojo Una Una, Selasa 16 Mei 2023.

TNews, TOUNA Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah mengelar rapat koordinasi penguatan dan pembinaan kelembagaan Bawaslu Kabupaten/Kota Se- Provinsi Sulawesi Tengah, bertempat diruang ruang pertemuan Hotel Lawaka Kabupaten Tojo Una Una, Selasa 16 Mei 2023.

Kegiatan dibuka langsung oleh ketua Bawaslu Sulteng, Jamrin SH,MH, setelah mendengarkan laporan ketua Panitia pelaksana kegiatan Ridwan Kasim.

Ketua Bawaslu Jamrin SH, MH, pada kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka penguatan kelembagaan. Sehingga penguatan kelembagaan itu menjadi tanggung jawab ketua di masing-Masing Kabupaten/Kota.

Ketua juga nanti bertanggung kedalam dan keluar kepada Bawaslu sebagai penguatan kelembagaan.”Ini sebagai tindak lanjut rakornas.Rakornas ini juga melakukan penguatan kelembagaan dengan mengundang parah ketua Se-provinsi se- Indonesia,” jelasnya.

“Sehingga kita juga Bawaslu Provinsi Sulteng,hari ini mengelar kegiatan ini dengan mengundang ketua dan Korsek Bawaslu Se-Sulteng. Dan masalah tempat kita pilih yang paling  strategis yakni di Touna sebab Tojo Una-una berada di tengah, sehingga kita juga memudahkan teman-teman dari jadi kegiatan kita pusatkan di sini selama dua hari,” tambahnya.

Dikatakan bahwa materi yang akan di sampaikan pada kegiata ini yakni terkait kelembagaan pola hubungan, berdasarkan Perbawaslu nomor 3 tahun 2022. “Jadi itu yang kita urai, kita bahas bagaimana peran dari ketua di dalam mengendalikan Bawaslu Kabupaten/Kota,” tandasnya.

Sehingga disana jelas seberapa penting peran dari ketua Bawaslu itu sebagai ketua lembaga.

Nah itu sudah diatur di perbawaslu nomor 3 tahun 2022 ,bagaimana membangun menejemen kelembagaan, bagaimana membangun koordinasi, antara devisi. Sehingga ketua itu bertanggung jawab dari sisi kelembagaan ,semua devisi dibawa koordinator ketua. Ketua adalah koordinator utama dari semua devisi, sehingga setiap koordinator mampu mengendalikan devisi.

Ketua Bawaslu pada kesempatan itu pula ] berharap kepada semua ketua dan korsek Se-Sulteng,mampu menjalankan fungsinya sebagai top manager lembaga Bagaimana mengendalikan  lembaga, memberikan hati kepada jajarannya, bagaimana membangun komunikasi antara ketua dan anggota,kapala sekretariat,itu yang harus dibangun.

“Sehingga secara bersama-sama membangun kelembagaan ini tidak semata-mata menjadi tanggung jawab ketua.Tetapi kepala sekretariat ini pula bertanggung jawab penuh di lingkungan sekretariat dalam proses pengelolaan keuangan,itu yang penting,” tutupnya.

Reporter : Dales Lantapon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.