Bawaslu Yogyakarta Gelar Deklarasi Pemilu Damai Bersama Cinta Jogja

0
212
Bawaslu Yogyakarta bersama sejumlah elemen masyarakat menandatangi dan mendeklarasikan Pemilu Damai. Deklarasi dibacakan oleh Pj Walikota Yogyakarta, Sumadi, di halaman Taman Makam Pahlawan, Jalan Kusumanegara Yogyakarta, Senin 20 Maret 2023.

TNews, YOGYAKARTA – Bawaslu Yogyakarta bersama sejumlah elemen masyarakat menandatangi dan mendeklarasikan Pemilu Damai.

Deklarasi dibacakan oleh Pj Walikota Yogyakarta, Sumadi, di halaman Taman Makam Pahlawan, Jalan Kusumanegara Yogyakarta, Senin 20 Maret 2023. Sumadi berharap ikrar ini tidak hanya bersifat seremonial, tetapi harus diwujudkan sebagai bentuk cinta dan penghormatan kepada para pahlawan.

Naskah “Ikrar Bersama Cinta Jogja”

Kami, segenap komponen masyarakat Kota Yogyakarta berikrar :

  1. Mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung secara umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.
  2. Mewujudkan situasi yang kondusif, damai dan menggembirakan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kota Yogyakarta.
  3. Menjunjung tinggi rasa persaudaraan, nilai-nilai moral dan budaya yang berkembang dalam kehidupan masyarakat Kota Yogyakarta.
  4. Menolak segala bentuk tindakan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.
  5. Mendukung penegakan hukum yang berlaku dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 di wilayah Kota Yogyakarta.

Sumadi menambahkan, atas nama pemerintah Yogyakarta, ia memberikan apresiasi dan mendukung Deklarasi Pemilu Damai yang mengusung tema “Bersama Kita Cinta Jogja” ini.

Ia berharap deklarasi ini menjadi pemicu semangat bagi seluruh elemen pendukung Pemilu agar ingat tanggung jawab dan perannya, sehingga Pemilu di Yogyakarta dapat berlangsung damai, aman dan nyaman, meraih suara secara demokratis dan sportif, tidak menyebarkan hoaks, tidak melakukan black campaign, money politik, menjaga dan merawat silaturahmi, komunikasi, koordinasi, sinergi, persaudaraan dan solidaritas di antara berbagai unsur partai politik dan organisasi kemasyarakatan, serta senantiasa berkomitmen mendukung pelaksanaan berbagai tahapan Pemilu 2024 hingga selesai.

Hal senada disampaikan oleh Tri Agus Inharto, ketua Bawaslu  Yogyakarta. “Yogyakarta harus dijaga supaya tetap kondusif, karena Yogyakarta adalah jendelanya DIY,” ujarnya.

Deklarasi ini dihadiri semua elemen yang terlibat dalam Pemilu, termasuk 18 partai politik dan organisasi sayapnya yang akan menjadi peserta Pemilu 2024.

“Pemilu yang berlangsung jujur, adil, transparan, akuntabel, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, mengutamakan kepentingan masyarakat umum di atas kepentingan pribadi dan golongan; semua ini merupakan upaya kita untuk mencapai hasil Pemilu tahun 2024 yang dapat diterima oleh semua masyarakat,” pungkas Sumadi.

Reporter : Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.