Jelang Tahapan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih, 45 Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kota Yogyakarta Dilantik

0
19
Gambar : Ketua Bawaslu Kota Yogyakarta Andie Kartala saat melantik anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD).

TNews, YOGYAKARTA – Bawaslu Kota Yogyakarta melakukan supervisi dan monitoring langsung terhadap pelaksanaan Pelantikan dan Pembekalan Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kota Yogyakarta Tahun 2024.

Ketua Bawaslu Kota Yogyakarta Andie Kartala dalam rilisnya Sabtu (1/6/2024) mengatakan, kegiatan Pelantikan dan Pembekalan PKD dilakukan secara serentak di 12 Kemantren di Kota Yogyakarta, dan akan disusul oleh 2 Kemantren lainnya (Umbulharjo dan Ngampilan) esok harinya.

Turut mengundang stakeholder di masing-masing Kemantren, Pelantikan, dan Pembekalan Anggota PKD dilakukan langsung oleh Panwaslu Kecamatan.

“Kegiatan ini merupakan tahapan terakhir dari rangkaian proses. Pembentukan PKD dalam Pemilihan Tahun 2024 yang telah berlangsung sejak pertengahan bulan Mei lalu. Dari 89 orang pendaftar yang dinyatakan lolos Seleksi Administrasi dan mengikuti, 45 orang dinyatakan lolos dan dilantik sebagai PKD dalam Pemilihan Tahun 2024 di Kota Yogyakarta,” lanjut Andie.

Hadir dalam pelantikan tersebut Ketua dan Kepala Sekretariat Bawaslu DIY, masing-masing melakukan monitoring ke Kemantren Tegalrejo dan Jetis untuk memastikan pelaksanaan pelantikan berjalan dengan lancar.

Setelah pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan bagi jajaran PKD terkait dengan pemahaman regulasi, serta Teknik dan strategi pengawasan yang harus dilakukan untuk mengawasi setiap tahapan Pemilihan Tahun 2024.

PKD merupakan unsur penting yang tidak dapat diabaikan dalam proses pengawasan penyelenggaraan Pemilihan di tingkat Kelurahan/Desa. Dalam waktu dekat, tahapan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih akan bergulir. Kehadiran 45 PKD ini diharapkan semakin memperkuat kerja-kerja pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Yogyakarta demi mewujudkan Pemilihan yang demokratis dan berintegritas.*

Peliput : Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.