Oknum Bawaslu Kabupaten Probolinggo Diduga Permainkan Anggaran RAB

0
366

TNews, PROBOLINGGO – Panwaslu Kecamatan atau juga disebut Panwascam adalah panitia yang dibentuk oleh Bawaslu Kabupaten/Kota. Panwascam di seluruh Kabupaten Probolinggo dilantik pada bulan Oktober 2022.

Panwascam bertugas mengawasi penyelenggaraan pemilu di wilayah masing-masing Kecamatan, (26/01/2024).

Panwascam perbulannya mendapatkan anggaran operasional untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Adapun anggaran operasional sudah tercantum dalam RAB (Rincian Anggaran Biaya) badan pengawas pemilihan umum Kabupaten Probolinggo.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo dijabat oleh FQ sampai tanggal 15 Agustus 2023. Selanjutnya ketua Bawaslu dijabat oleh YH di tahun 2023 dan tahun 2024.

Mirisnya, ada panwascam yang mengaku anggaran operasional untuk panwascam selama 11 bulan, mulai bulan November 2022, hingga September 2023, RAB operasional diduga tidak dikasih tau kepada panwascam.

Dengan tidak adanya RAB secara tertulis selama 11 bulan serta lambat turunnya RAB. sehingga patut diduga, ada oknum di tubuh Bawaslu Kabupaten Probolinggo yang permainkan anggaran.

Salah satu anggota panwaslu kecamatan, yang enggan disebutkan namanya mengatakan kepada team media IKnews, “Ya mas, memang mulai bulan November 2022, sampai bulan September 2023, memang tidak diberikan RAB secara tertulis, hanya lewat pesan WhatsApp grup saja, sedangkan untuk yang 3 bulan Oktober, November, dan Desember 2023, RABnya dikasih,” ungkapnya.

Masih kata salah satu panwascam, kalau memang dikasih RAB seperti yang 3 bulan, itupun dikasihnya bukan di awal bulan, keluarnya kadang sampai pertengahan bulan bahkan ada yang akhir bulan. Bagaimana bisa maksimal dalam penyerapannya. Jika memang RAB kami dikasih, pastinya kami simpan sampai detik ini, memang kami sempet mikir juga, ada apa ini, kok sepertinya Bawaslu tidak terbuka, kenapa RABnya tidak ada selama 11 bulan.

Selanjutnya tim media IKnews, mengonfirmasi mantan Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo FQ, lewat sambungan WhatsApp Chat mengaku, “Mohon maaf mas, Saya sejak tanggal 15 Agustus 2023 sudah akhir masa jabatan Bawaslu, sekarang Saya sudah tidak di Bawaslu lagi untuk pengganti Saya sebagai ketua mas YH. Saat ini Saya sudah tidak pegang RABnya sudah lupa, coba sampean ke kantor Bawaslu Kabupaten, mungkin di sekretariat itu ada. Seingat Saya diberi tahu mas, jika ingin lebih jelas sampean tanya ke bendahara Bawaslu Kabupaten mas ya,” jawabnya.

Lebih lanjut tim media IKnews mengonfirmasi ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo YH Bawaslu yang saat ini menjabat lewat sambungan yang sama, yaitu WhatsApp via chat, Perihal RAB dan anggaran. Mohon maaf bapak/ibu, terkait anggaran di kami yang mengatur masih provinsi. Karena bukan satker namun, untuk perihal RAB yang 11 bulan, tidak menjawab sampai berita ini diterbitkan.*

Reporter : Fijai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.