Distribusi Logistik Pemilu 2024 Kabupaten Jepara Dimulai, KPU Pastikan Seluruh Tahapan Dipersiapkan dengan Baik

0
20
Gambar : Distribusi Logistik Pemilu 2024 Kabupaten Jepara Dimulai, KPU Pastikan Seluruh Tahapan Dipersiapkan dengan Baik, (3/2/2024).

TNews, JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara telah memulai distribusi logistik Pemilu 2024. Pada tanggal 3 Februari lalu, logistik Pemilu untuk Kecamatan Karimunjawa sudah didistribusikan. Sedangkan untuk 15 kecamatan lainnya, logistik akan didistribusikan dari gudang KPU dalam rentang 8-10 Februari 2024. Tahapan penyelenggaraan pemilu juga banyak bergeser ke kecamatan serta desa/kelurahan.

Anggota KPU Kabupaten Jepara, Muhammadun, mengatakan bahwa KPU telah melakukan rapat pleno pada 1 Februari lalu dan telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait distribusi logistik. Pada rapat pleno yang dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Jepara, Ris Andy Kusuma, dan empat anggota KPU lainnya, Haris Budiawan, Siti Nurwakhidatun, Siti Suryani, dan Muhammadun, ditentukan bahwa distribusi logistik akan didahulukan kecamatan yang lokasinya terjauh dari Gudang KPU.

Muhammadun menjelaskan bahwa pengiriman logistik dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di semua desa/kelurahan akan dilaksanakan pada 11-12 Februari. Sedangkan dari desa/kelurahan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dilakukan serentak pada 13 Februari atau sehari sebelum pemungutan suara berlangsung.

Gambar : logistik saat tiba di karimunjawa.

KPU juga telah menyampaikan standar yang harus dilakukan dalam distribusi logistik ini, seperti koordinasi dengan Polsek dan Panwascam setempat. Gudang penyimpanan logistik di kecamatan maupun desa/kelurahan juga dipastikan sudah siap menerima logistik, dan semua pengiriman logistik menggunakan truk dengan bak tertutup untuk mengantisipasi hujan.

Adapun untuk Karimunjawa, logistik akan dikirim menggunakan kapal motor dan mobil pick-up tertutup untuk mengatasi potensi hujan dan gelombang laut tinggi di musim barat. Pengiriman logistik untuk Karimunjawa dijadwalkan pada tanggal 8 Februari.

KPU juga telah memberikan bimbingan teknis kepada 24.430 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di semua TPS di Kabupaten Jepara pada 26-28 Januari lalu. Dalam beberapa hari kedepan, fokus pelayanan dan persiapan penyelenggaraan pemilu akan banyak bergeser ke desa dan kelurahan. KPU menjamin bahwa seluruh tahapan pemilu sedang dipersiapkan dengan sebaik-baiknya dengan tetap memitigasi potensi persoalan.*

Reporter : Petrus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.