KPU Kotamobagu Gelar Uji Publik Penataan Dapil untuk Kursi DPRD Pemilu 2024

0
144
KPU Kota Kotamobagu menggelar uji publik penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD dalam Pemilu 2024

TNews, KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu menggelar uji publik penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD dalam Pemilu 2024 mendatang.

Uji publik yang dilaksanakan di cafe Strawberry itu dihadiri pihak Pemkot Kotamobagu, Forkopimda, Bawaslu, pimpinan Parpol, serta tokoh masyarakat.

Ketua KPU Kotamobagu Iwan Manoppo mengatakan, ada dua rancangan yang disampaikan dalam uji publik. Yakni perubahan jumlah Dapil dari sebelumnya tuga Dapil, menjadi empat Dapil. Dan penambahan satu kursi di Dapil Kecamatan Kotamobagu Selatan seiring bertambahnya jumlah penduduk.

Iwan menyampaikan rancangan penambahan jumlah kursi pada dapil Kecamatan Kotamobagu Selatan mengacu pada data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) dan data penduduk potensial pemilu (DP4) dari KPU RI untuk Pemilu 2024.

Sehingga semua yang berkepentingan diundang untuk memberikan masukan dalam menyukseskan Pemilu tahun 2024 mendatang.

“Hasil hari ini akan kami laporkan ke KPU RI, melalui KPU Provinsi Sulut. Sebab pada Februari mendatang KPU RI akan menetapkan Dapil pemilihan di seluruh Indonesia,” katanya Rabu 7 Desember 2022.

Namun dari rancangan tersebut, KPU Kota Kotamobagu memandang perlu untuk tetap mempertahankan daerah pemilihan (Dapil) pada pemilihan anggota DPRD Kota Kotamobagu Tahun 2024 sebanyak 3 dapil, yakni, Dapil I (Kotamobagu Utara dan Kotamobagu Timur), Dapil 2 (Kotamobagu Selatan) dan Dapil 3 (Kotamobagu Barat),

Pertimbangan tersebut di atas didasari pada, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, perimbangan alokasi kursi (proporsionalitas), keutuhan dan keterpaduan wilayah (integralitas).

Sebelumnya Asisten I Pemkot Kotamobagu Nasli Paputungan mewakili Walikota Kotamobagu mengatakan, pemerintah mendukung terhadap tahapan Pemilu Tahun 2024 yang sedang berjalan. Salah satu yakni tahapan penataan Dapil yang hari ini masuk pada uji publik.

Tentu dari semua tahapan itu kata Nasli, Pemkot Kotamobagu akan memberikan dukungan full untuk setiap tahapan KPU yang sedang berjalan. Karena salah satu tugas Pemkot Kotamobagu turut mensukseskan Pemilu Pemerintah siap membackup semua kerja kerja KPU,” kata Nasli. (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.