KPUD Touna Gelar Pleno Terbuka Penetapan DPHP Menjadi DPS

0
84

TNews, TOUNA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tojo Una-una menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran (DPHP) menjadi  Daftar Pemilih Sementara (DPS). Kegiatan berlangsung di Hotel Grand Pink Ampana ,Rabu 5 Maret 2023,sekira pukul 16.00 wita.

Ketua KPUD Touna Dirwansya Putra dalam penyampaiannya mengatakan bahwa ini merupakan kali pertama kegiatan tahapan pimilu tahun 2024, di bulan suci Ramadhan. “Semoga apa yang dilaksanakan ini menjadi amal ibadah kita sekalian,” jelasnya pada pembukaan pleno terbuka.

Diketahui belum lama ini KPU telah menugaskan 511 orang petugas Pantarlih melakukan pencocokan dan penelitian daftar pemilih di semua desa  yang ada di wilayah Kabupaten Tojo Una -Una.

“Dari hasil pemetaan kami,DP4 yang diberikan Mendagri ke KPU Indonesia dan diturunkan ke KPU Touna kami memetahkan sejumlah  511 TPS berdasarkan jumlah NIK,maksimal dalam TPS itu, paling banyak di setiap TPS itu 300 pemilih setiap TPS, maka dari jumlah 116 ribu sekian yang diberikan oleh KPU Indonesia daftar pemilih tersebut kami petahkan sejumlah 511 TPS,” terangnya.

Dengan begitu 511 orang Pantarli telah  bekerja saat bersamaan sampai dengan berakhirnya proses coklit sampai dengan 14 Maret 2023 kamarin.

Lanjut ketua KPUD Touna, selanjutnya teman-teman di PPK melakukan proses rekapitulasi pada tanggal 31 Maret 2023 kemarin. “Maka telah ditetapkan sejumlah TPS dan daftar pemilih yang sudah dilakukan penelitian oleh rekan rekan pantalih,” ungkapnya.

Dia berharap sebelum mendengar pembacaan rekapitulasi TPS, mereka sedikit memberikan masukan kepada rekan  peserta pemilu kedepan proses proses yang kami lakukan di tingkat desa dan Kecamatan agar berjalan dengan lancar.

“kami memohon agar kiranya  pengurus Partai Politik yang berada di tingkat desa dan kecamatan agar memberikan nama maupun  kontak, agar kami muda mengundang mereka,” ujarnya.

“Karena itu yang di sampaikan oleh PPS kepada kami mereka kesulitan  sehingganya Kami merlukan kerjasamanya,” katanya.

Di akhir sambutanya ketua KPUD Touna didampingi Komisioner, dan di dihadiri kurang lebih 75 peserta resmi membuka pleno terbuka penetapan DPHP menjadi DPS.

“Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan hasil  rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS) yang dibacakan oleh salah satu komisioner KPU dan jika ada tanggapan silakan berikan masukan kepada kami,” tutupnya.

Reporter : Dales Lantapon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.