Matangkan Persiapan Tungsura KPUD Bolmut Gelar simulasi TPS

0
18
Gambar : Ketua Divisi Teknis Saat sedang Menjelaskan simulasi Tungsara di TPS, (31/1/2024).

TNews, BOLMUT – Jelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Umum mendatang, KPU Kabupaten Bolmut menggelar simulasi pemungutan, perhitungan, serta penggunaan aplikasi Sirekap.

Acara yang digelar di TPS 3 Desa Boroko Timur pada hari Rabu (31/01/2024) tersebut, dilaksanakan mengikuti teknis pelaksanaan sesuai prosedur yang sesungguhnya.

Simulasi dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Bolmut Jamaludin Djuka S.Pd. Dalam sambutannya Djuka mengingatkan bahwa kegiatan simulasi sekaligus sosialisasi ini merupakan kegiatan yang sangat penting yang harus diketahui oleh kita semua khususnya bagi KPPS, karena kegiatan ini merupakan teknis simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang nantinya akan kita laksanakan pada hari H yakni 14 Februari 2024.

Lebih lanjut Djuka menjelaskan tujuan dilaksanakan simulasi ini yaitu agar penyelenggara memiliki pemahaman dan kemampuan untuk melakukan pemungutan dan penghitungan suara yang baik dan sesuai dengan regulasi.

Simulasi tingkat KPPS ini melibatkan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panwas Desa, serta Panitia Pengawas tempat pemungutan Suara (PTPS).

Dalam sesi simulasi ini langsung dipandu oleh Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Nur Apri L. Usman SH.

Di sesi ini Nur Apri memaparkan materi-materi tata cara pemungutan dan penghitungan suara dan langsung mempraktekkan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Dalam pemaparan materi pungut hitung, ditekankan bahwa syarat pemilih untuk dapat menggunakan hak pilih adalah pemilih yang sudah masuk di DPT, DPT-Tb, atau paling tidak dapat menunjukkan KTP elektronik atau Surat Keterangan pada saat menggunakan hak pilih di TPS.

Sesi simulasi dilakukan dari tahapan persiapan, yaitu penyiapan TPS, penempelan DPT sampai dengan tahapan dimulainya rapat pemungutan dan penghitungan suara.
Simulasi dilaksanakan sebagaimana standar dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

Apri berharap, dengan diadakannya simulasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan penyelenggara kepada pemilih, transparansi dalam pemungutan suara serta akuntabilitas dalam rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara.

Harapnya pula agar proses dan pelaksanaan pemungutan serta penghitungan suara pada pemilu di Kabupaten Bolmut khususnya, bisa berjalan dengan lancar dan tanpa kendala yang berarti.*

Reporter : Fadli Potabuga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.