Tahapan Pemilu 2024 Berjalan, KPU Kotamobagu Butuh Dukungan Semua Pihak

0
27
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, menggelar sosialisasi tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2022

TNews, KOTAMOBAGU– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, menggelar sosialisasi tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2022.

Kegiatan dibuka langsung Ketua KPU Kotamobagu Iwan Manoppo, bertempat di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Jumat 14 Oktober 2022.

Pada kesempatan tersebut, Iwan menyampaikan, bahwa tahapan saat ini tengah berjalan, meski pendaftaran dilaksanakan KPU RI namun proses verifikasi dilaksanakan oleh KPU Kabupaten/Kota sehingga dibutuhkan kerjasama serta dukungan dari seluruh stakeholder.

“Mengingat krusialnya pelaksanaan setiap tahapan, sehingga penting bagi kami melaksanakan kegiatan seperti ini, agar tugas sebagai penyelenggara bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dia pun berharap kepada seluruh peserta sosialisasi yang terdiri dari unsur pemerintah daerah, TNI, Polri, NGO dan unsur media masa untuk peran aktifnya dalam  menyukseskan penyelenggaraan Pemilu serentak pada 14 Februari 2024.

“Memang kewenangan penuh sebagai penyelenggara ada di KPU, namun demikian kita semua punya semangat yang sama untuk turut menyukseskan jalannya Pemilu,” tuturnya.

Senada, Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kotamobagu Yokman Muhaling mengatakan, bahwa peran aktif stakeholder sangat dibutuhkan dalam rangka mensukseskan Pemilu.

“Tahapan sedang berjalan, bulan ini saja ada empat tahapan bersamaan sehingga dibutuhkan konsentrasi bersama dan itu perlu disosialisasikan. Sehingga mustahil bagi kami selaku penyelenggara dapat melaksanakan pemilu secara sukses sesuai regulasi tanpa adanya dukungan dari stakeholder,”

Untuk itu, mantan jurnalis ini mengajak kepada sejumlah element untuk turut serta mengawal proses jalannya tahapan yang saat ini sedang berlangsung.

“Kami berharap, Pemilu 2024 berjalan sukses tanpa ada sengketa, begitu pun selesai pemilu tidak ada gangguan yang bisa merusak stabilitas keamanan,” harapnya.

Adapun Divisi Umum dan Pengawasan KPU Kotamobagu, Herdi Dayoh mengajak pimpinan Partai Politik untuk mematuhi dan mengikuti peraturan KPU terkait dengan pendaftaran, verifikasi dan seterusnya.

“Selain itu, kami juga berharap adanya dukungan dari pemerintah daerah dalam rangka pelaksanaan tahapan verifikasi faktual di lapangan nanti,” harapnya.

Sementara itu, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partispasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Zulkifli Kadengkang saat memaparkan materi terkait tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilu juga berharap, adanya dukungan dari sejumlah pihak untuk turut serta mensukseskan hajatan demokrasi tersebut.

“Sosialisasi wajib kami sampaikan ke seluruh stakeholder, pun halnya media massa kami berharap dapat kembali menyampaikan informasi ke masyarakat bahwa pesta demokrasi kita Pemilu akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang serentak untuk Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Kepala daerah,” pungkasnya.

Kegiatan turut dihadiri, Asisten Pemerintahan Pemkot Kotamobagu Drs Teddy Makalalag, KBO Polres Kotamobagu Kompol Johan Damopolii, Kasdim 1303/Bolmong, Komisioner Bawaslu Ivan Tandayu, Pemantau Pemilu, sejumlah Wartawan serta para Camat se Kotamobagu.

Reporter : Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.