Sedang Bersih-bersih Sampah Bawah Laut, eh Nemu Koin Emas Romawi!

  • Whatsapp
ilustrasi

TNews, WISATA – Dua orang ini bisa disebut beruntung. Saat bersih-bersih laut, mereka ‘dibayar’ mahal dengan menemukan harta karun kuno.

Mereka adalah Luis Lens dan Cesar Gimeno. Dua bersaudara itu melakukan freediving di Laut Mediterania saat liburan di Xbia, Spanyol.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari The Times, dua turis ini lagi berniat untuk membersihkan sampah bawah laut. Sebagai freediver, kegiatan ini memang kerap dilakukan untuk menjaga kebersihan laut.

Saat sedang asyik membersihkan sampah, mereka menemukan benda mengkilap berbentuk logam. Begitu dilihat dari dekat, koin tersebut memiliki nilai 10 sen.

Mereka segera keluar membawa koin tersebut dan melaporkannya ke petugas berwenang. Cerita ini ditanggapi dengan baik oleh pihak berwajib. Tim penyelam scuba dan arkeologi langsung datang untuk memeriksa tempat tersebut.

Di sana, mereka menemukan beberapa sisa peti dengan 53 koin emas dan tiga paku. Harta karun itu segera diteliti oleh para ilmuwan dari University Institute for Research in Archaelogy and Historical Heritage.

Mereka menemukan bahwa benda-benda tersebut berasal dari akhir abad keempat dan awal abad kelima. Dua saudara itu mengaku sangat senang.

“Luar biasa. Adalah impian setiap anak untuk menemukan harta karun,” ujar Luis Lens.

Yang membuat penemuan ini luar biasa adalah kondisi dari koin-koin tersebut. Dari penelitian tersebut diketahui ada koin Valentian I (tiga koin), Valentinian II (tujuh koin), Todosio (15 koin), Arcadi (17 koin), Honorius (10 koin), dan sebuah koin tak dikenal.

“Ini adalah salah satu set koin emas Romawi terbesar yang ditemukan di Spanyol dan Eropa,” ujar Jaime Molina, Kepala tim arkeolog bawah air dari Universitas Alicante.

Menurut Molina penemuan tersebut dapat memberikan banyak informasi baru untuk memahami fase akhir dari jatuhnya kekaisaran Romawi Barat. Sejarawan mengatakan bahwa koin itu bisa saja disembunyikan untuk menghindari penjarahan orang barbar, seperti Alans.

Koin ini juga bisa menjelaskan momen historis ketidakamanan masa itu, ketika kedatangan orang-orang barbar, seperti Suevi, Vandal, dan Alan yang menyebabkan jatuhnya Kekaisaran Romawi.

Menurut keterangan Universitas Alicante, saat ini koin-koin emas tersebut akan direstorasi dan dipamerkan di Museum Arkeologi dan Etnografi Soler Biasco di Xabia.

 

 

Sumber : detik.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.