Viral! Pendapatan Menurun, Penjaga Kantin yang Malah Rajin Sedekah

0
169

TNews, VIRAL – Pandemi Corona membuat pertumbuhkan ekonomi menurun. Mencari pekerjaan pun semakin sulit. Ditambah lagi dengan ketidakpastian kapan pandemi ini akan berakhir membuat sebagian orang merasa tak memiliki harapan di masa depan.

Saat sebagian dari kita kehilangan harapan dan optimisme, kisah pria berhati tulus ini viral karena menjadi pengingat dan penyemangat di tengah pandemi Corona ini. Cerita yang viral itu dibagikan oleh akun Twitter @dittameliaa. Pemilik akun Twitter tersebut yaitu Ditta Amelia Saraswati membuat thread dengan mengunggah ulang dari Instagram Story @noviangelang, kisah pria bernama Pak Aan.

Dalam unggahan tersebut disebutkan bahwa Pak Aan yang pendapatannya jauh berkurang selama pandemi karena hanya bekerja sebagai penjaga kantin dan berjualan makanan di kantin kantor, malah bersedekah setiap minggu untuk mereka yang membutuhkan.

Wolipop sudah mengkorfimasi kepada Ditta soal unggahannya tentang Pak Aan yang viral ini. Ditta memberikan izin untuk membagikan kisah Pak Aan agar lebih banyak orang yang terinspirasi.

“Tadi aku dapat cerita dari @noviangelang di Ig story dia tentang seseorang yang menurutku pantas untuk dibagikan dan mendapat apresiasi lebih. Di saat semua situasi sedang sulit, ternyata masih ada orang baik. Aku sudah ijin Novian untuk membagikan cerita ini ke kalian,” begitu tulis Ditta di akunnya @dittameliaa.

Dalam unggahannya itu Ditta juga menuliskan nama Presiden Jokowi. Dia ingin Jokowi mengetahui kisah inspiratif seorang penjaga kantin kantor yang kini tidak bisa berjualan akibat pandemi namun tetap tidak melupakan sesama. Dalam unggahannya Ditta membandingkan sosok Pak Aan dengan mantan Menteri Sosial Juliari Batubara yang kini tersandung kasus korupsi bantuan sosial.

“Dear pak @jokowi, saya mau berbagi sedikit cerita tentang ketulusan tanpa pamrih dari seorang warga bapak yang layak bapak beri penghargaan. Disaat yang berkecukupan merasa kurang dan haus akan kenikmatan. Perkenalkan Andriyan Bima alias Pak Aan. Seorang penjaga kantin di kantor saya. Ayah dari 5 orang anak. Yang kini tidak bisa berjualan lagi di kantor semenjak pandemi,” lanjutnya.

Pak Aan yang tidak bisa berjualan lagi di kantin kantor tetap bersemangat mencari rezeki untuk menafkahi keluarganya. Dia berinisiatif menjual makanannya lewat WhatsApp.

“Selamat pagi pelanggan setia. Makan siang : nasi, empal daging, sayur, kerupuk Rp 25 ribu. Nasi, ayam woku, sayur, kerupuk Rp 25 ribu. Diantar jam 11.30 wib,” demikian isi WhatsApp pak Aan yang ditampilkan Ditta dalam threadnya di Twitter.

Pak Aaan tetap berjualan makanan untuk karyawan kantor tempatnya bekerja via WhatsApp. Selain itu, selama pandemi Corona ini, dia juga memutar otak dengan membuat kemasan yang kekinian dengan konsep ricebowl. Sayangnya karena pandemi, karyawan yang bekerja di kantor jumlahnya dibatasi, alhasil, makanan yang dijual Pak Aan kerap tidak habis.

Dalam thread yang dibagikan Ditta itu juga terungkap Pak Aan hanya bisa menjual 3 – 5 kotak nasi. Dan dia hanya berjualan pada Senin hingga Kamis. Sedangkan di hari Jumat, Pak Aan melakukan hal yang membuat netizen terkagum-kagum saat membaca thread Ditta.

“Setiap Jumat beliau membagikan makanan entah itu gorengan atau kue buat kami di kantor secara Gratis. Dan Jumat ini beliau membawa nasi kuning lengkap beserta add-onnya untuk dimakan bersama di kantor. Masih belum terkejut? Sebentar,” begitu Ditta menulis di Twitter yang membuat rasa penasaran.

Selain membagikan makanan secara gratis setiap Jumat untuk karyawan, Pak Aan juga melakukan bantuan sosial yang dia sebut “Jum’at Berkah”. Setiap Jumat di saat libur berjualan, dia membagikan makanan kepada sesama yang membutuhkan. Dia mengajak pelanggan nasi kotaknya untuk ikut berdonasi. Dan dia selalu memberikan update dengan jujur tentang kegiatan dan alokasi donasi tersebut.

“Setiap Kamis dan Jumat beliau tidak henti-hentinya mengajak, mengingatkan dan juga update apa yang akan dilakukan ketika Jumat tiba. Seolah tidak peduli dengan kondisi sendiri yang sedang butuh dibantu, beliau justru memilih untuk membantu orang disekitarnya. Tanpa pamrih, tulus dan transparan,” tulis Ditta kagum.

Dalam unggahannya, Ditta juga memperlihatkan momen Pak Aan sedang mempersiapkan sembako, biskuit dan minuman yang akan dibagikan ke anak yatim, pemulung, petugas kebersihan hingga siapa saja yang membutuhkan. Pak Aan setiap minggunya berkeliling dari satu panti asuhan ke panti asuhan lainnya.

Novian yang membagikan kisah Pak Aan di Instagram Story dan diunggah ulang oleh Ditta juga berbagi pengalamannya saat mencoba membantu pria tersebut. Suatu hari Novian sengaja membeli makanan untuk Pak Aan. Namun keesokan harinya penjaga kantin kantornya tersebut malam membalas kebaikannya itu dengan memberinya makan siang gratis. Kepada orang-orang yang mendapatkan bantuan sembako Pak Aan juga tidak pernah lupa untuk mengatakan bahwa bantuan tersebut dari ‘orang-orang baik’ yang beliau kenal.

Pada akhir threadnya di Twitter, Ditta mengunggah foto dua pria yang sama-sama memakai baju batik, namun memiliki hati dan pikiran yang berbeda. Dua foto pria tersebut adalah Pak Aan dan mantan Mensos Juliari Batubara yang kini terkena kasus korupsi bansos COVID-19.

“Yang satu dengan keterbatasannya untuk terus berbagi di tengah pandemi. Yang satu lagi dengan kekuatan dan instrumennya mencuri celah di tengah masa-masa sulit. #therealbansos,” begitu Ditta menulis.

Ditta menambahkan semenjak kisahnya viral, pak Aann menerima banyak bantuan dari orang-orang yang ingin membantu dan bersedekah. Ditta pun berharap di tengah pandemi ini semakin banyak orang yang terus berbuat baik.

Hingga Senin (14/12/2020) thread Ditta tentang Pak Aan tersebut sudah mendapatkan lebih dari 29 ribu Likes, 12,9 Retweets dan 1.400 komentar. Sebagian besar warganet kagum dengan aksi baik Pak Aan.

“Inilah konten yang kita butuhkan baik di media sosial maupun di televisi,” ujar akun Twitter @ndreamon.

“Merinding bgt kalo ada orang yg dalam keterbatasan bahkan kekurangan tapi masih berpikir untuk berbagi ke orang lain. Sehat dan panjang umur untuk pak Aan… Aamiin…” ucap akun @putrywulan terharu.

“Wah Mas Aan dulu kontrak dirumah ku ini,emang istri nya jago masak dan endul masakannya,” puji akun @shalikhanggita.

“Tiap baca konten gini, aku bener-bener ngerasa miskin bangettttt. Semoga panjang umur bapaknya dan dilancarkan rezekinya,” saut akun @keluarinnn.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.