150 Peserta Ikut Pembinaan Dan Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi Orang Asli Papua

0
17
pembukaan kegiatan pembinaan dan sertifikasi tenaga terampil konstruksi Orang Asli Papua

TNews, Biak – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Papua,  bekerjasama Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI) Kabupaten Biak Numfor mengadakan kegiatan pembinaan dan sertifikasi tenaga terampil konstruksi Orang Asli Papua yang dibuka oleh Asisten II Setda Biak Numfor, Lot L.  Yensenem, bertempat di Hotel Insia Biak, Senin,(30/10/2023) kemarin

Dalam arahannya, Lot Yensenem mengatakan bahwa, pembangunan infrastruktur merupakan salah satu program andalan pemerintah, dalam mengejar ketertinggalan, namun tidak hanya membutuhkan tenaga konstruksi dalam jumlah besar, tetapi juga terampil dan terlatih, sehingga infrastruktur yang dikerjakan, dapat selesai tepat waktu dan berkualitas.     

Ia berharap dengan adanya kegiatan pembinaan dan sertifikasi tenaga kerja terampil, khususnya pekerja dibidang konstruksi, dapat memberikan jaminan terhadap ketrampilan, kualitas dan kemampuan kerja dari tenaga konstruksi, sehingga mampu menghasilkan produk berkualitas.

“Pembangunan infrastruktur kalau tidak dipahami pasti tidak akan selesai, oleh sebab itu perlu tenaga terampil untuk merancang dan dikerjakan, sehingga menghasilkan pembangunan yang berkualitas,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Papua, Amos Wenda, dalam sambutannya meminta peserta dapat mengikuti pelatihan pembinaan dan sertifikasi dengan baik, sehingga ilmu yang disampaikan pemateri  dapat dimengerti sekaligus diaplikasikan lewat pekerjaan yang dilakukan.

Amos juga berharap para tenaga terampil konstruksi Orang Asli Papua dapat membangkitkan semangat dalam mewujudkan paradigma perubahan untuk konstruksi pembangunan yang diwarisi oleh para pendahulu.

“Memang secara undang- undang telah diatur, kalau generasi hadir selalu dengan jamannya, saya percaya melihat Biak itu dengan paradikma baru, cara yang baru itu seperti apa berinovasi dan jual gambar konstruksi ke pemerintah pasti dibeli,” ujarnya

Kegiatan pelatihan berlangsung tiga hari, diikuti kurang lebih 150 peserta tenaga terampil konstruksi OAP, dengan menghadirkan pembicara berkompeten.

Reporter : Vhie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.