53 Pesilat Biak Ikut Kejuaraan Pencak Silat Bupati CUP II 2023

0
100
pembukaan kejuaraan pencak silat Bupati CUP II Tahun 2023

TNews, Biak – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Biak Numfor Mengadakan Kejuaraan Pencak Silat Kabupaten Biak Numfor Bupati CUP II Tahun 2023 yang dibuka secara resmi oleh Kepala BKPSDM Biak Numfor, di GOR Han Dispora Biak, Selasa (14/3/23)

Pembukaan Kejuaraan ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala BKPSDM Biak Numfor Fera Sroyer. Hadir dalam kegiatan Ketua IPSI Kabupaten Biak Numfor Margaretha Singgamui, S.Pd, Perwakilan TNI/Polri, Kepala Basarnas Kelas A Biak.

Dalam Kesempatannya, Kepala BKPSM Biak Numfor mewakili Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si., M.Pd menyampaikan apresiasi kepada ketua IPSI Kabupaten Biak Numfor yang telah mengadakan kejuaraan Pencak Silat dalam rangka 4 tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Biak Numfor.

“Semoga melalui momentum ini dapat merangsang para pendekar dan praktisi pencak silat agar lebih menghidupkan dan melestarikan pencak silat di Kabupaten Biak Numfor khususnya untuk generasi muda,” ujarnya

Dikatakan pula bahwa, hal penting dalam suatu kejuaraan adalah semangat dalam menjalin persatuan dan kesatuan. “Menang atau kalah bukanlah suatu tujuan utama, melainkan untuk mengenal dan memperkaya hasanah pencak silat serta membina dan melatih jiwa sportivitas,” imbuhnya

Sementara itu, Ketua IPSI Kabupaten Biak Numfor Margaretha Singgamui, S.Pd menerangkan, bahwa di Indonesia telah ditetapkan 7 aliran pencak silat yang dinobatkan sebagai warisan budaya non benda pada sidang ke-14 oleh PBB di Bogota, Kolombia pada tanggal 9 – 14 Desember 2019 lalu.

“Hal ini membuktikan bahwa Indonesia kaya akan warisan leluhur yang wajib dilestarikan sehingga diharapkan pencak silat dalam perkembangannya dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia baik Nasional maupun Internasional,” kata Margaretha

Margaretha berharap melalui kejuaraan Pencak Silat kali ini dapat merangsang para pendekar praktisi pencak silat untuk lebih menghidupkan serta melestarikan pencak silat di Kabupaten Biak Numfor.

“Semoga kejuaraan ini dapat menjadi agenda eutin sebagai upaya melestarikan pencak silat di Biak Numfor,” tandasnya

IPSI Biak saat ini terdiri dari 8 perguruan silat, 20 wasit juri, dan 2 diantaranya adalah wasit juri nasional. sementara untuk Kejuaraan Pencak Silat Kabupaten Biak Numfor Bupati CUP II Tahun 2023 diikuti sebanyak 53 peserta dari 8 perguruan. Dengan 20 wasit juri termasuk 1 wasit juri nasional Kabupaten Biak Numfor dan 1 wasit juri nasional Provinsi Papua

Usai pembukaan kejuaraan, dilanjutkan dengan prosesi buka gelanggang, dan penandatanganan pakta integritas wasit juri, penyerahan piala bergilir dari pemerintah daerah kepada ketua IPSI Kabupaten Biak Numfor serta penyerahan golok oleh Bupati Biak Numfor yang diwakili Kepala BKPSDM kepada sesepuh pencak silat Kabupaten Biak Numfor Amir Dayman Jariki.

Reporter : Vhie 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.