Berkat BPJS Kesehatan, Tak Perlu Khawatirkan Biaya Pengobatan

0
47
Cristofel Salah satu peserta BPJS Kesehatan Cabang Biak

TNews, Biak – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan kepastian jaminan Kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Program yang diamanatkan oleh undang-undang kepada BPJS Kesehatan telah ada sejak tahun 2014 serta telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat yang hendak memperoleh layanan Kesehatan tanpa perlu mengkhawatirkan biaya pengobatan.

Manfaat program JKN sudah dirasakan langsung oleh Cristofel Samuels, salah satu peserta program JKN segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) yang iurannya dibayarkan oleh Pemerintah Pusat. Cristofel mengaku bahwa dirinya dan anggota keluarganya terdaftar sebagai peserta JKN sejak tahun 2014. Cristofel yang berdomisili di Kampung Ambroben, Kecamatan Biak Kota Kabupaten Biak Numfor tersebut telah memanfaatkan layanan program JKN guna pelayanan kesehatan keluarganya.

“Kemarin tiba-tiba anak bungsu saya demam tinggi, karena khawatir dan demam yang tak kunjung turun, saya dan istri langsung pergi ke Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Biak untuk memeriksakan kondisi anak saya. Rasanya sedih sekali melihat anak saya merengek terus menerus ke ibunya”, kata Cristofel

Sesampainya di rumah sakit, lanjut Cristofel, anaknya segera mendapatkan penanganan oleh dokter jaga di UGD. Saat sang istri menemani anak yang sedang diperiksa oleh dokter, Cristofel pergi ke bagian administrasi untuk mengurus keperluan administrasi pelayanan Kesehatan di RSUD Biak. Awalnya ia merasa tenang saja karena ia merupakan peserta program JKN, namun ternyata saat dilakukan pengecekan, sang anak belum terdaftar sebagai peserta program JKN. Hal ini membuatnya resah karena memikirkan besar biaya pengobatan yang harus ia keluarkan untuk pengobatan sang anak.

“Ketika diberitahu bahwa anak saya tidak terdaftar sebagai peserta program JKN, disitu saya bingung sekali. Saya memikirkan besar biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatan Clark. Saat itu, petugas rumah sakit menyarankan saya untuk mendaftarkan Clark dalam program JKN dan diarahkan ke pegawai BPJS yang sedang bertugas hari itu. Setelah dijelaskan oleh pegawai BPJS Kesehatan tersebut, saya segera mengurus segala keperluan untuk mendaftarkan anak saya.” Ujar Cristofel

Cristofel mengatakan bahwa ia diberikan penjelasan  dengan baik dan jelas oleh petugas BPJS Kesehatan yang bertugas saat itu terkait pendaftaran sang anak. Menurut Cristofel, proses pendaftaran sang anak menjadi peserta program JKN cukup mudah dan cepat, ia juga mendapatkan penjelasan bahwa Kabupaten Biak Numfor sudah mencapai Universal Health Coverange (UHC) sehingga setelah sang anak terdaftar sebagai peserta segmen Penerima Bantuan Iuran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PBI APBD) ia sudah bisa mendapatkan layanan Kesehatan di RS sehingga biaya pengobatan sang anak ditanggung oleh program JKN.

Selama mendapatkan layanan Kesehatan di RSUD Biak, Cristofel mengaku mendapatkan pelayanan yang sangat baik. Tidak ada perbedaan yang diberikan baik dari segi pelayanan oleh perawat maupun obat-obatan kepada pasien BPJS. Sang anak mendapatkan perawatan seperti pasien lainnya.

Cristofel sangat bersyukur dengan adanya program JKN karena sangat membantu masyarakat. Ia juga mengajak masyarakat Kabupaten Biak Numfor, khususnya yang belum terdaftar sebagai peserta program JKN untuk segera mendaftarkan diri karena prosesnya yang mudah dan cepat.

“Saya sangat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan karena melalui program JKN, kami tidak perlu mengkhawatirkan biaya pengobatan ketika sakit, bahkan ketika istri saya melahirkan dengan sesar, saya tidak mengeluarkan uang sepersen pun. Saya juga sangat berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Biak Numfor terutama Dinas Kesehatan dan Dinas sosial yang turut mempermudah segala proses pendaftaran anak saya sebagai peserta PBI APBD” ujar Cristofel.

Reporter : Vhie (rilis) 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.