Bupati Biak Sambut Baik UPH Hadirkan Pendidikan Berkualitas Nasional SLH Biak Pada Juli 2024

0
156
Kelompok Yayasan Pendidikan Universitas Harapan hadir dan berperan secara nasional sejak 1993 dengan lebih dari 45.000 siswa dan mahasiswa dalam pendidikan tingkat TK, SD, SMP, SMA, perguruan tinggi universitas dengan program S1, S2, dan S3

TNews, Biak – Memasuki tahun baru 2024, Yayasan Universitas Pelita Harapan (UPH) akan menghadirkan Sekolah Lentera Harapan (SLH) Biak dengan system dan standar nasional pada tahun ajaran baru pada Juli 2024 mendatang. Selain itu UPH juga akan memberikan pemberdayaan lanjut studi siswa Biak di Perguruan Tinggi Nasional.

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap S.Si., M.Pd menyambut baik rencana kelompok universitas swasta terkemuka, Universitas Pelita Harapan (UPH) untuk menghadirkan Sekolah Lentera Harapan (SLH) di Kabupaten Biak Numfor.

“Pendidikan adalah kunci dalam pembangunan manusia. Kami mendukung penuh rencana dan proses hadirnya SLH Biak dengan harapan akan memperkaya dinamika perkembangan pendidikan bagi masyarakat Biak.” Ungkap bupati

Diharapkan juga, pendirian SLH ini mampu memberi sumbangsih dalam terobosan terhadap sistim pendidikan di Biak dengan konsep critical dan creative thinking atau kemampuan berpikir kreatif, kritis dan pengembangan manusia yang utuh berbasis iman.

Pendiri dan Ketua Pembina Yayasan Universitas Pelita Harapan, DR. James Riady dalam kesempatannya mengatakan, masyarakat Biak Numfor layak mendapatkan pendidikan nasional yang bermutu Internasional yang mengembangkan manusia yang seutuhnya, yang jauh melebihi dari pendidikan yang hanya mementingkan teori kognitif hafal menghafal.

“Setiap siswa perlu disiapkan memiliki kesukaan belajar seumur hidup dan menjadi ‘life long learner’ melebihi sekedar mendapatkan diploma. Semoga para siswa dilatih menganalisa jaman dan berperan aktif memberikan pengaruh dan membawa pembaharuan pada Tanah Papua dan bangsa pada jamannya,”ujarnya

Sementara itu, DR. Ir. Jonathan Parapak, Rektor Universitas Pelita Harapan menambahkan, UPH telah mempersiapkan tenaga pendidik yang terlatih dan terbaik bagi SLH Biak untuk mensukseskan misi dan tugas yang dilakukan.

Diketahui bahwa, pembangunan fisik fasilitas SLH Biak yang berlokasi di Jalan Tanjung Raya rencananya akan segera dimulai dan berjalan pada akhir Januari 2024 dan selesai pada bulan Juni 2024 dengan fasilitas dan infrastruktur yang dilengkapi dengan design, ruang dan pengajaran yang terkini.

SLH Biak dirancang untuk dapat menerima 600 siswa baik dari TK, SD, SMP dan SMA dimana pada tahap awal bulan Juli 2024 akan dibuka TK, SD, dan SMP dengan jumlah siswa sebanyak  150 orang. Kemudian pada tahun 2025 direncanakan akan dibuka sekolah SMA. Pimpinan sekolah dan para guru juga akan dibantu dari Fakultas Pendidikan UPH.

Kelompok Yayasan Pendidikan Universitas Harapan hadir dan berperan secara nasional sejak 1993 dengan lebih dari 45.000 siswa dan mahasiswa dalam pendidikan tingkat TK, SD, SMP, SMA, perguruan tinggi universitas dengan program S1, S2, dan S3. Universitas Pelita Harapan adalah universitas komprehensif, riset dan berperan mengtransformasi bangsa.

Selain itu, Kelompok Yayasan UPH telah hadir dan berperan dalam pendidikan serta kerjasama pelayanan kesehatan dengan Rumah Sakit Siloam di Tanah Papua sejak 1998 dan saat ini mengelola 11 sekolah dalam jaringan Papua dengan lebih dari 2.300 siswa termasuk di Sentani, Mamit, Daboto, Karubaga, Danowage, Nalca, Korupun, Mokndoma, Saman, Tumdungbon dan Holuwon. Selain itu lebih dari 400 siswa asal Papua telah menerima program beasiswa masuk di kampus UPH di Jakarta.

Reporter : Vhie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.