Dukung Program Pemda Biak, Lanal Biak Adakan Pelatihan Ketahanan Pangan

0
49
Kepala Dinas Potensi Maritime Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi Agung Slamet, S.T., S.Sos., M.M saat foto bersama peserta pelatihan Ketahanan Pangan di wilayah pesisir, Kamis (13/7)

TNews, Biak – Lanal Biak Adakan Pelatihan Ketahanan Pangan Masyarakat Pesisir di Wilayah Lanal Biak Tahun 2023, di Mako Lanal Biak, Kamis (13/7)

Komandan Lanal Biak Kolonel Marinir Karlos Deda, M.Tr.Hanla., M.M mengatakan bahwa, Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari  ini bertujuan untuk pembinaan masyarakat potensi maritime dipesisir Biak, dimana banyak potensi yang harus digali dan dikembangkan oleh para peserta pelatihan.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para peserta dapat menjadi pioneer yang mampu menyalurkan ilmu yang diterima selama pelatihan di wilayah masing – masing sehingga hasil tanaman yang diperoleh dapat meningkat dari waktu sebelumnya,” kata Danlanal saat ditemui media usai penutupan pelatihan

peninjauan lokasi pilot project tanaman Vanili Lanal Biak

Dikatakan, pelatihan ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah daerah Kabupaten Biak Numfor agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sekaligus juga dalam rangka mendukung Sail Teluk Cendrawasih yang akan dilaksanakan pada November mendatang.

“Kita berharap program yang dilaksanakan oleh Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S,Si., M.Pd dalam rangka pelaksanaan STC dimana salah satu tujuan pelaksanaannya yakni meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga kita harus berusaha bagaimana masyarakat dapat mencukupi kebutuhan pangan secara mandiri,” terangnya

“Saya juga berharap Pelatihan ini dapat membawa manfaat bagi semua khususnya masyarakat pesisir. Semoga pelatihan ini dapat dijadikan modal dasar bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.,” tandas Danlanal Biak

Peserta Pelatihan Ketahanan Pangan Masyarakat Pesisir di Wilayah Lanal Biak

Kepala Dinas Potensi Maritime Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi Agung Slamet, S.T., S.Sos., M.M. dalam kesempatannya menyampaikan bahwa kedatangannya kali ini dalam rangka melakukan kunjungan kerja program ketahanan pangan dimana salah satu komoditi yang diangkat adalah budidaya vanili dan tanaman jagung.

ia menilai bahwa Vanili dapat dijadikan sebagai tanaman yang dapat dibudidaya oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam kondisi apapun, vanili sebagai rempah Indonesia yang dapat dibudidayakan tanpa memerlukan lahan yang luas.

“Saya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh peserta dalam mengikuti pelatihan bagaimana mengembangkan tanaman jenis vanili dan juga jagung dilingkungan sekitar sehingga hasil yang nantinya akan diperoleh mengalami peningkatan,”  ucapnya

Sekedar diketahui, pelatihan ini diikuti oleh masyarakat disekitar wilayah pesisir, unsur TNI/Polri dan juga dari instansi terkait lainnya yang berlangsung selama dua hari sejak tanggal 12 – 13 Juli 2023.

Reporter : Vhie 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.