Hut Pattimura ke – 206, Bupati Biak Harap Ikemal Dapat Ciptakan Lapangan Kerja Untuk Kesejahteraan Masyarakat di Biak

0
26
Bupati Biak Numfor Saat Hadiri Hut Pattimura ke - 206

TNews, Biak – Ikatan Keluarga Besar Maluku (Ikemal) Biak – Supiori gelar Malam Syukuran Hut Pattimura ke – 206 dan Halal Bihalal Warga Maluku di Biak – Supiori, diadakan di Dermaga Ex BMJ Biak, Sabtu (20/5) kemarin.

Kedatangan Bupati Biak Numfor Herry A. Naap, S.Si., M.Pd disambut dengan tarian Lenso asal Maluku dan diiringi juga dengan tari Cakalele oleh pemuda Maluku kemudian Bupati selaku Upu Latu juga dalam kesempatannya menyalakan Obor Pattimura.

Bupati Biak Numfor Herry A. Naap, S.Si,. M.Pd yang juga adalah Upu Latu Ikemal Biak – Supiori dalam sambutannya mengatakan, bahwa peringatan hari Pattimura ini menjadi suatu perenungan untuk lebih mengintrospeksi diri bagi para Pattimura muda yang saat ini ada di Kabupaten Biak Numfor.

“Perjuangan dan semangat Pattimura yang terus digelorakan dan dipertahankan oleh para sesepuh hingga sekarang menjadi makna dan pelajaran penting bagi Pattimura – pattimura muda yang ada di Kabupten Biak Numfor. Mari bersama – sama dengan pemerintah daerah, Ikemal di Biak Numfor – Supiori, kita membangun Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori,” ujar Bupati

Dikatakan bahwa, Hut Pattimura yang dirangkaikan dengan Halal Bihalal Ikemal Biak – Supiori menantang warga Maluku yang ada di Biak untuk melihat apa yang harus dilakukan dalam mengisi perayaan ke – 206 tahun Pattimura sebagai keluarga besar Maluku dimanapun berada.

“Rangkaian Halal Bihalal mengingatkan kita agar terus mempererat silaturahmi dengan saling memaafkan, mengampuni untuk menguatkan kebersamaan yang ada. Melalui tema hari ini “Katong Satu, Katong Kuat” maka rangkaian acara Halal Bihalal mau mengingatkan kita semua, baik Kristen maupun Muslim katong satu, maka rangkaian kegiatan ini mau terus menyatukan kita. Perbedaan itu bukan untuk dihindari tetapi perbedaan itu harus dirangkaikan menjadi sebuah warna yang indah untuk kebersamaan dan persekutuan kita,” terang Bupati

Sebagai Upu Latu, Bupati juga berpesan agar warga Ikemal dalam setiap tungku yang datang bekerja di Biak Numfor tetapi juga dipercayakan sebagai pengurus ikatan, berharap lewat Ikemal, bagaimana menumbuhkan ekonomi masyarakat. Bersama – sama kolaborasi, pengurus Ikemal dan semua tungku yang ada di Biak harus juga merancang program didalam organisasi, bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Biak Numfor.

“Bagi seluruh pengurus keluarga besar Ikemal, dengan tema “Katong Satu Katong Kuat,” saya mengajak kita semua bersama – sama Pemda Biak, kita akan mewujudkan Biak Numfor yang religius, berkarakter, dan berbudaya sebagai sumbu pertumbuhan ekonomi yang berdaya saing,” tandasnya

Sementara itu, Harry Silooy selaku Sekretaris umum Ikemal Provinsi Papua mengajak seluruh warga Ikemal Biak – Supiori untuk terus mendukung program pemerintah, sebab program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam rangka untuk kesejahteraan masyarakat.

“Harapan kami semoga hubungan baik warga Maluku bersama pemerintah daerah tetap dijaga dan dibina sehingga program pemerintah dapat berjalan dengan baik,” tutupnya

Ketua Ikemal Biak – Supiori, Turbey O. Dangeubun dalam laporannya menyampaikan, bahwa dalam rangka Hut Pattimura ke – 206, Ikemal Biak – Supiori melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya Donor darah yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan PMI Biak, selai itu ada juga Peletakkan batu pertama Pembangunan Taman Maluku sebagai bentuk dukungan Sail Teluk Cedrawasih pada November mendatang. Adapula Penyerahan kunci rumah bantuan kepada Oma Korwa.

Kemudian dilanjutkan dengan Malam Syukuran Hut Pattimura ke -206 Tahun 2023 dan Halal Bihalal Warga Maluku di Biak – Supiori yang diisi dengan tarian adat, paduan suara oleh warga Maluku, Tausiah, dan juga dimeriahkan oleh salah satu artis asal Maluku Ona Hetharua.

Hadir dalam kegiatan, di antaranya Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si,. M.Pd, Wakil Bupati Biak Numfor, Sekretaris Umum Ikemal Provinsi Papua Harry Silooy, Ketua Ikemal Biak – Supiori Turbey O. Dangeubun, Ketua Ikemalta Zacharias L. Mailoa, serta sesepuh dan para ketua ikatan warga Maluku, dan masyarakat Maluku yang ada di Biak.

Reporter : Vhie 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.