Kurniawan Akui Pelayanan Prima Yang Diberikan Petugas BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor

0
14
Kurniawan Eka Yulianto (28) salah satu peserta dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang merupakan prajurit TNI Angkatan Udara (AU)

TNews, Biak – Mengawali awal tahun 2024, upaya untuk meningkatan kualitas dan mutu layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus dioptimalkan melalui pendekatan, memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan setara. Upaya tersebut terus dilakukan untuk memberikan kepuasan terhadap peserta yang mengakses pelayanan, bukan hanya di kantor BPJS Kesehatan, namun juga berlaku di fasilitas kesehatan.

Hal inilah yang dirasakan oleh Kurniawan Eka Yulianto (28) salah satu peserta dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang merupakan prajurit TNI Angkatan Udara (AU) yang bertugas di Kabupaten Biak Numfor ketika melakukan perubahan data peserta. Kurniawan merasakan pelayanan yang begitu prima oleh masing-masing petugas, termasuk mulai dari petugas satpamnya sangat ramah dan terbuka. Keramahan dan edukasi yang informatif begitu kental terasa sehingga menambah kenyamanan dalam pelayanan administrasi hingga selesai.

“ Kebetulan saya mau mengubah data saya dan keluarga lainnya yang bermasalah, jadi saya sayang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan dengan membawa persayaratan yang dibutuhkan. Saya dilayani dengan sangat baik, di awali dengan disambut senyum ramah satpam saat pertama saya sampai, ditambah sikap sopan, ditanyakan apa kebutuhan saya. Satpam sangat informatif sekali, dijelaskan secara perlahan dan berurutan tentang alur pelayanan perubahan data saya, bahkan sampai dibantu cara pengisian formulirnya. Lalu diarahkan ke petugas yang memeriksa berkas dan dijelaskan juga langkah mudah perubahan data melalui Aplikasi Mobile JKN,” kata Kurniawan saat ditemui di ruang Frontliner, Senin (08/01).

Awalnya, Kurniawan mengira dari cerita-cerita yang pernah ia dengar jika pelayanan BPJS Kesehatan harus mengantre berjam-jam, lama dan kurang cepat dalam memberikan pelayanan. Ternyata itu semua salah, pelayanan yang diberikan sangat baik, ramah dan informatif. Ruang tunggu pelayanan juga sangat nyaman, dingin dan wangi.

“Saya pribadi sangat berterima kasih kepada satpam dan petugas BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor yang sudah sangat luar biasa memberikan layanan terbaiknya membantu proses administrasi. Saya juga berharap, BPJS Kesehatan selalu memberikan pelayanan yang ramah, informatif, tidak berbelit dan tidak diskriminatif. Selalu inovatif memberikan pelayanan yang cepat kepada seluruh peserta JKN yang membutuhkan pelayanan baik pelayanan di kantor BPJS Kesehatan maupun di rumah sakit,” imbuhnya.

Kurniawan  juga menambahkan Program JKN sangat membantu bagi masyarakat Kabupaten Biak Numfor untuk mengatasi masalah penjaminan pelayanan kesehatan. Ia juga berpesan bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN agar segera melakukan pendaftaran, ia mengajak sanak saudara dan orang disekitarnya untuk segera mendaftar jangan sampai menunggu sakit baru tersadar untuk menjadi bagian dalam Program JKN.

“Saya sendiri juga sudah merasakan manfaat terdaftar sebagai peserta JKN, ketika berobat di fasilitas kesehatan tidak ada perbedaan yang dirasakan. Menjadi peserta JKN sama sekali tidak ada ruginya. Konsep gotong royong menjadi landasan terselenggaranya program jaminan nasional ini. Berdasarkan pengalaman yang saya rasakan, belum ada kekurangan selama mendapatkan pengobatan. Selama status kepesertaan JKN aktif dan telah sesuai dengan mengikuti alur berobat yang benar dimulai dari fasilitas kesehatan pertama dimana terdaftar, maka Program JKN akan menjamin semua biayanya,” jelas Kurniawan.

Di akhir pembicaraan, Kurniawan  juga berpesan kepada seluruh peserta JKN agar terus memastikan kepesertaannya aktif dengan rutin membayar iuran tiap bulan dan mengecek status keaktifannya melalui Aplikasi Mobile JKN, sehingga jika sewaktu-waktu jatuh sakit tidak mengalami kendala untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan nantinya tidak terbebani oleh iuran yang menunggak yang semakin lama akan semakin menumpuk. Selain itu, tentunya merugikan diri sendiri karena kepesertaan JKN akan berstatus tidak aktif.

Reporter : Vhie/RLS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.