Mariana Melawan Penyakit Kronisnya Bersama Program JKN

0
76
Mariana Patiung (51) salah satu peserta JKN KIS

TNews, BiakDiabetes melitus atau yang dikenal dengan kencing manis atau penyakit gula merupakan penyakit yang dimana kadar gula dalam darah cukup tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin sehingga gula didalam darah tidak dapat dimetabolisme. Mariana Patiung (51) merupakan seorang pekerja disalah satu perusahaan di Kabupaten Biak Numfor. Ia menuturkan bahwa saat ini ia menderita diabetes melitus yang sudah ia derita selama beberapa tahun terakhir.

“Untuk kesekian kalinya saya harus dirawat di rumah sakit, saat ini dirawat untuk melakukan operasi kaki. Penyakit ini sangatlah berbahaya jika tidak kita rawat. Saya selalu berusaha mencari tau bagaimana saya harus melakukan perawatan atas penyakit ini,” kata Mariana.

Mariana mengatakan sudah cukup lama terdaftar sebagai peserta JKN dan dirinya pernah beberapa kali menggunakan untuk berobat atau mendapatkan pelayanan dengan menggunakan kartu JKN. Dirinya menceritakan bahwa saat ini apabila dirinya atau keluarga ada yang sakit, maka akan mengandalkan JKN dalam mengakses Fasilitas Kesehatan (Faskes). Dirinya pun berbagi pengalamannya saat mendapatkan pelayanan tersebut, dimana saat dia didiagnosa menderita diabetes melitus pada saat berobat di faskes.

“Tahun 2020 awal, saya merasakan gejala-gejala seperti demam dan luka yang susah sembuh, akhirnya saya memutuskan untuk melakukan pemeriksaan dan ternyata saya terkena diabetes melitus,” ceritanya.

Semenjak menderita diabetes melitus, dirinya harus menjalani pengobatan yang rutin dan mengonsumsi obat diabetes yang telah diberikan oleh dokter, melakukan olahraga rutin dan menjaga pola makan agar diabetesnya terkendali. Tak hanya itu, Mariana pun dipantau langsung oleh dokter dan dianjurkan mengikuti kegiatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) melalui kegiatan senam dan edukasi prolanis tentunya agar kondisinya membaik.

“Selama melakukan pemeriksaan di faskes, saya merasa nyaman mulai dari tenaga administrasi, perawat dan dokter yang melayani, sehingga saat melakukan pengobatan, apalagi yang dilayani orang sakit tentunya harus dilayani dengan baik,” jelas Mariana.

Mariana melanjutkan bahwa dirinya saat ini sudah merasa lebih baik karena rutin melakukan pengobatan ke rumah sakit. Ia tidak dapat membayangkan jika semua pengobatan rutin yang ia lakukan harus ia tanggung sendiri secara terus menerus. Mariana bersyukur karena sudah terdaftar sebagai peserta JKN dengan segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) yang iurannya dibayarkan memalui potongan gaji miliknya setiap bulan. Ia rutin melakukan pengobatan sesuai dengan anjuran dokter dan mengikuti prosedur BPJS Kesehatan.

“Selama berobat saya tidak pernah mengeluarkan biaya sepeserpun untuk berobat, mulai dari perawatan hingga obat-obatannya, jika setiap berobat saya harus membayar, sudah berapa banyak biaya yang akan saya keluarkan. Namun saya beraharap saya bisa Kembali beraktivitas Kembali secepatnya,” ujar Mariana.

Tak hanya itu, Mariana menyebut dirinya sudah tidak perlu melakukan cetak kartu BPJS Kesehatan lagi, karena kini hanya menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dirinya bisa langsung dilayani di faskes. Saat dirinya pernah berobat dan dompetnya tertinggal di rumah, petugas langsung menyarankan untuk dapat melihat kartu kepesertaan JKN hanya melalui aplikasi Mobile JKN.

“Berkat BPJS Kesehatan saya dapat menjalani pengobatan yang optimal tanpa kendala. Saya sangat bersyukur dan mempercayakan jaminan kesehatan saya ke program ini. Di faskes tingkat pertama tenaga medisnya melayani sangat ramah dan administrasinya juga, dia pun berharap semua petugas Kesehatan dapat melayani peserta JKN dengan baik dan senantiasa selalu semangat melayani peserta JKN,” tutup Mariana yang tinggal di Samofa, Kabupaten Biak Numfor ini.

Reporter : Vhie/RLS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.