Maryono: Ayo Hidup Sehat dan Lakukan Skrining Riwayat Kesehatan

0
29
skrining melalui Aplikasi Mobile JKN pada fitur skrining riwayat kesehatan

TNews, Biak  –   BPJS Kesehatan terus mendorong seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk melakukan skrining riwayat kesehatan. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk mendeteksi dini adanya penyakit kronis, serta sebagai upaya perlindungan bagi peserta JKN dari risiko penyakit kronis yang akan mengakibatkan keparahan seperti penyakit Diabetes Militus, Hipertensi, Ginjal Kronik dan Jantung Koroner.

Skrining riwayat kesehatan dapat dilakukan oleh siapa saja dengan sangat mudah. Peserta JKN hanya cukup menjawab dengan jujur beberapa pertanyaan tentang riwayat kesehatan diri sendiri, riwayat penyakit keluarga dan pola konsumsi makanan.

Maryono (52), salah satu peserta JKN yang terdaftar sebagai peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa dikenal peserta mandiri ini mengaku telah melakukan skrining riwayat kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN. Dari hasil yang didapatkan, dirinya memiliki risiko rendah dari empat penyakit Diabetes Militus, Hipertensi, Ginjal Kronik dan Jantung Koroner.

“Dari hasil tersebut tercantum beberapa saran kesehatan, anjuran pola hidup sehat dan latihan fisik rutin minimal 30 menit setiap hari. Apalagi di usia yang terus bertambah, saya harus tetap menjaga diri dengan menjaga pola hidup agar tetap sehat,” ujar Maryono.

Maryono mengaku bahwa ia pertama kali melakukan Skrining Riwayat Kesehatan, ia dipandu oleh anaknya untuk melakukan skrining melalui Aplikasi Mobile JKN dan menjaga pola hidup yang sehat. Ia mengaku sejak melakukan skrining ia mulai rutin berolahraga minimal 30 menit. Hal itu ia lakukan karena dirinya mengetahui pentingnya menjaga gaya hidup sehat dari pola makan yang teratur.

“Ternyata menggunakan Aplikasi Mobile JKN ini sangat mudah juga dan banyak fitur yang telah disediakan dari pengurusan administrasi, pendaftaran online, perubahan fasilitas kesehatan dan skrining riwayat kesehatan sungguh Aplikasi Mobile JKN ini sangat mempermudah saya dalam pemanfaatan Program JKN, apalagi ada fitur skrining riwayat kesehatan,” tutur Maryono.

Tak hanya itu, Maryono pun sudah mencoba fitur-fitur yang tersedia di Aplikasi Mobile JKN. Dirinya mengaku telah dipermudah mengakses informasi status kepesertaanya melalui fitur info peserta.

“Saya merasa bahwa Aplikasi Mobile JKN tersebut juga memberikan kemudahan dalam proses administrasi. Di dalam Aplikasi Mobile JKN juga ada yang namanya KIS Digital. Ketika saya ingin berobat cukup menunjukan KIS Digital tersebut tidak perlu repot lagi kalau misal saya atau keluarga lupa bawa kartu JKN,” kata Maryono.

Maryono juga menambahkan bahwa selain skrining riwayat kesehatan, terdapat juga fitur info riwayat pelayanan yang dapat digunakan untuk melihat riwayat diagnosa dan tindakan apa yang telah diberikan.

Untuk itu, Maryono pun mengajak untuk dapat menjaga pola hidup yang sehat dengan mengatur pola makan yang baik dengan makanan bergizi. Selain itu, ia juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk menghindari makanan yang memiliki minyak yang berlebihan dan gula yang berlebihan.

“Makan buah-buahan dan sayuran, tentunya harus istirahat yang cukup dan berolahraga rutin karena kita yang sendiri menentukan Kesehatan diri masing-masing dan juga saya menghimbau agar dapat melakukan skrining Riwayat Kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN karena dengan skrining kesehatan kita dapat mendeteksi lebih awal dan mengatisipasi penyakit-penyakit yang tidak diinginkan,” tutupnya.

Seluruh peserta JKN usia di atas 15 tahun dapat melakukan skrining melalui Aplikasi Mobile JKN pada fitur skrining riwayat kesehatan, tautan https://webskrining.bpjs-kesehatan.go.id , maupun Chat Asisstant BPJS Kesehatan

Reporter : Vhie/Chika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.