Pengamanan Pemilu, Polres Biak Numfor Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Cartenz 2023-2024

0
83
Kapolres Biak Numfor, AKBP Damianus Dedy Susanto S.H., S.IK., M.H Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Cartenz, Selasa (17/10) di Lapangan Cendrawasih Biak

TNews, Biak – Dalam rangka pengamanan Pemilu Tahun 2023 – 2024, Polres Biak Numfor melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Cartenz 2023-2024, di Lapangan Cendrawasih Biak, Selasa (17/10)

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Kapolres Biak Numfor, AKBP Damianus Dedy Susanto S.H., S.IK., M.H, dan dihadiri Staf Ahli I Bupati Biak Numfor Simon Rumaropen, pimpinan TNI-Polri, forkopimda dan personil TNI-Polri Biak.

Kapolres Biak saat membacakan amanat Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo mengatakan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun Sarpras Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

”Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Inonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa,” ujarnya

Menurut Kapolri, seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pemilu 2024. Terlebih lagi, Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam, serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

“Guna mengamankan Pemilu 2024, maka Polri didukung TNI, Kementrian dan Lembaga instansi terkait dan Mitra Kamtibmas lainnya menggelar ”Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024,” terang Kapolres.

Lebih lanjut dikatakan, operasi akan dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 – 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan pemilu.

“Polri juga telah membentuk pola pengamanan system wilayah atau zonasi bagi personel korps brimob Polri dan Dalmas Nusantara, dimana Korps Brimob terbagi dalam 4 wilayah sedangkan untuk Dalmas Nusantara terbagi dalam 7 zonasi. Polri juga menyiapkan 2.000 personel brimob power on hand Kapolri serta 8.500 personel dalmas nusantara yang siap dimobilisasi kapanpun dan dimanapun ke seluruh Indonesia,” pungkasnya

Kapolres juga menambahkan, untuk pengamanan Pemilu 2023-2024, personil gabungan yang disiapkan sebanyak kurang lebih 500 personil gabungan baik TNI-Polri, Polpp, senkom dan personil lainnya.

Ia juga menghimbau agar masyarakat dapat melaksanakan pemilu dengan baik, aman dan damai. “Mari kita laksanakan pemilu dengan damai, silahkan memilih berdasarkan hati nurani tanpa ada kegiatan – kegiatan yang bisa mengganggu situasi kamtibmas,” tutup Kapolres

Reporter : Vhie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.