Rangkaian FBMW Puluhan Peserta Ikut Lomba Dayung Perahu Tradisional

0
48
Peserta Lomba Dayung Perahu Tradisional Dalam Rangka Festival Biak Munara Wampasi

TNews, Biak – Puluhan peserta mengikuti Lomba dayung perahu tradisional berlangsung di Pantai Yennyabo Sorido Kabupaten Biak Numfor,  Jumat (30/6) Siang.  Kegiatan lomba dibuka  langsung oleh Wakil Bupati Biak Numfor Calvin Mansnembra, SE.,M.B.A dan dihadiri pula oleh Direktur Regional III Bappenas, Ika Retna Wulandary, ST, MSc., Staf Ahli Gubernur Provinsi Papua, Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Elsye P. Rumbekwan, Plt Sekda Biak Numfor, staf ahli bupati dan pimpinan OPD serta kepala distrik Biak Kota dan kepala kampung sorido.

Lomba dayung perahu tradisional yang diselenggarakan Pemda Biak Numfor dalam rangka pelaksanaan Festival Biak Munara Wampasi Tahun 2023 dengan diikuti 10 peserta yang terdiri dari 10 beregu putra dan 10 beregu putri untuk zona 1.

Wakil bupati mengatakan bahwa perlombaan ini diadakan dalam rangka menyongsong Sail Teluk Cendrawasih (STC) yang akan dilaksanakan pada November mendatang dan ini juga menjadi rangkaian kegiatan pada Festival Biak Munara Wampasi yang akan diselenggarakan pada tanggal 1 Juli – 8 Juli 2023.

“Kegiatan ini diadakan agar masyarakat dapat mendukung pelaksanaan STC sehingga apabila ada potensi – potensi yang dapat dikembangkan, ini dapat menjadi potensi yang luar biasa untuk ditingkatkan untuk menjadi kegiatan yang tradisional maupun professional di Kabupaten Biak Numfor,” ujarnya

Ia juga berharap Perlombaan dayung kali ini dapat terus diadakan di tahun – tahun mendatang untuk mengembangkan potensi dan keahlian yang dimiliki masyarakat Biak Numfor. “Kami berharap hari ini pelaksaan lomba ini berjalan dengan baik dan bisa meghasilkan pendayung – pendayung berprestasi untuk bisa mengikuti kejuaraan lainnya baik Kejurnas maupun PON,” tutupnya

Selaku Koordinator Lomba Dayung Perahu Tradisional, Arius Mirino yang juga adalah kepala dinas pemuda dan olahraga Kabupaten Biak Numfor menjelaskan, dari hasil lomba hari ini akan didapatkan juara 1, 2, dan 3 yang kemudian akan diikutsertakan dalam babak final pada esok hari tanggal 1 Juli 2023 dan akan menantang para juara dari zona Padaido, Numfor, Biak Utara dan Swandiwe.

Selain Lomba Dayung Perahu Tradisional, dalam rangka pelaksanaan Festival Biak Munara Wampasi (FBMW) 2023, pemerintah daerah juga mengadakan atraksi Apen Beyeren, Lomba Konten Panorama Sunset, Snapmor dan beberapa event lainnya yang akan dilaksanakan di beberapa titik lokasi sejak tanggal 1 Juli – 8 Juli 2023.

Selain itu ada juga pameran UMKM, sajian kuliner, serta DJ Performance dan Hiburan rakyat yang diisi oleh artis asal Biak dan salah satu artis Idol Nowela.

Reporter : Vhie 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.