Rasakan Pengalaman Pertama, Alfonsina Tenang Pengobatan Sang Anak Dijamin Program JKN

0
18

TNews, Biak – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah banyak membantu masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan, seperti yang diraskan oleh Alfonsina N. E. Msen (39).

Hati orang tua mana yang tidak sedih ketika mengetahui anaknya yang sedang menuntut ilmu tiba-tiba ia mendapatkan informasi bahwa anaknya terjatuh saat bermain bersama teman-temannya. Itulah yang dirasakan Alfonsina saat mengetahui anaknya Yunus Albert Saramaja (12) terjatuh.

“Saya mendapat info kalau Yunus jatuh saat main-main di sekolah, saya langsung bawa ke Unit Gawat Darurat (UGD), minta tolong sama warga sekitar. Saya sudah bingung karena selama ini belum pernah berobat ke rumah sakit,” ujar Alfonsina.

Setelah melakukan pemeriksaan, Yunus diharuskan untuk dipasangkan selang untuk memastikan tidak ada pendarahan atau luka di dalam perut. Yunus juga sempat melakukan Ultrasonografi (USG) selama dua kali dan tidak ada biaya yang dikeluarkan.

“Memang saya ada kartu JKN, tapi belum pernah pake berobat ke rumah sakit, jadi saya sempat bingung bagaimana kalau harus bayar sendiri di rumah sakit nanti, tapi ternyata sampai saat ini belum pernah mengeluarkan biaya,” ujarnya.

Alfonsina juga menceritakan awalnya merasa takut akan menggunakan kartu JKN yang katanya akan ditangani lambat dan proses pendaftarannya sulit, ternyata tidak seperti yang saya bayangkan.

“Jujur sedikit takut karena menggunakan kartu JKN, takut lambat ditangani atau pendaftarannya sulit, namun yang saya rasakan pada saat awal datang di pendaftaran, pelayanannya cepat dan mudah saja, petugas hanya meminta Kartu Keluarga (KK) untuk melihat identitas anak saya,” ungkapnya.

Hal lain yang juga menarik perhatiannya adalah fasilitas yang tersedia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Biak, ia merasa nyaman dan terbantu oleh fasilitas rumah sakit yang baik, dan mendukung proses perawatanya.

“Anak saya sudah dirawat memasuki tiga minggu dan selama ini saya tidak menghadapi kendala apapun selama perawatan anak saya, semuanya berjalan lancar. Saya juga merasa nyaman karena fasilitas yang disediakan rumah sakit sangat baik, ruang rawat inap yang bersih, dan nyaman.” tutur Alfonsina.

Ketika ditanya tentang perbedaan layanan antara peserta JKN dan pasien lain, Alfonsina mengungkapkan bahwa layanan yang diterimanya sangat baik dan tidak ada diskriminasi, bahkan perawat dan dokter begitu ramah dan sangat membantu.

“Tidak ada perbedaan layanan yang diberikan kepada kami sebagai peserta JKN dengan pasien umum lainnya. Mereka juga sangat cepat dalam memberikan pelayanan yang saya butuhkan. Dokter yang menangani Yunus sangat ramah, perawatnya juga sangat membantu kami,” tambahnya.

Ia mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap Program JKN yang telah memberikan banyak manfaat untuk mendapatkan layanan kesehatan yang anaknya perlukan. Ia juga mengatakan bahwa saat ini sangat penting untuk memiliki akses layanan kesehatan yang berkualitas dan dirinya berharap Program JKN dapat terus berkembang.

“Ini pengalaman pertama saya yang sangat berkesan, semua keraguan-keraguan yang saya bayangkan ternyata tidak sesuai dengan yang saya dapat. Saya bersyukur dan berterima kasih sekali, berkat BPJS Kesehatan kami bisa mendapatkan perawatan yang cepat dan tepat waktu. Terima kasih juga kepada pemerintah atas perhatiannya kepada masyarakat yang kurang mampu seperti kami. Penting sekali untuk ikut program seperti ini karena dengan punya akses layanan kesehatan kita lebih aman dan terlindungi. Semoga program ini terus berkembang dan memberikan manfaat kepada lebih banyak orang,” pungkasnya

Reporter : Vhie/RLS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.