Sekum AKKOPSI Buka Advocacy Horizontal Learning Biak 2023

0
13
Gambar : Sekum AKKOPSI Buka Advocacy Horizontal Learning Biak 2023.

TNews, BIAK – Sekretaris Umum (Sekum) Aliansi Kabupaten-Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) Helldy Agustin membuka secara resmi Advokasi Horizontal Learning (AHL) Biak Numfor 2023, di Swissbell Hotel Cendrawasih Biak, Selasa Kemarin.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan Tanah Papua Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan dihadiri juga oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan UNICEF, Wakil Bupati Biak Numfor serta pejabat lainnya.

Helldy dalam kesempatannya menyampaikan apresiasi kepada bupati dan jajarannya yang berhasil mewujudkan 100% Stop BABS.

“Ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan sekaligus pencapaian yang sangat luar biasa, karena satu-satunya daerah di Tanah Papua yang berhasil mencapainya,” ungkap Helldy yang juga adalah Wali Kota Cilegon.

AKKOPSI, kata Helldy, sanitasi merupakan serangkaian praktik dan tindakan yang bertujuan melindungi, memelihara, dan meningkatkan kesehatan manusia dengan menciptakan kondisi kebersihan yang baik.

“AKKOPSI hadir untuk mewujudkan pentingnya sanitasi bagi kehidupan manusia,” terangnya.

Ia menambahkan, kegiatan selanjutnya akan digelar City Sanitation Summit (CSS) ke-XXII dimana ini merupakan pertemuan puncak para bupati/wali kota se-Indonesia untuk melahirkan komitmen bersama untuk memiliki kesamaan dan pemahaman dan gerak langkah dalam percepatan pembangunan sanitasi permukiman.

“Tahun 2024 Kota Cilegon akan menjadi tuan rumah CSS tersebut. Tema yang akan kami angkat adalah terkait persampahan,” tandasnya

Sementara itu, Wakil Bupati Biak Numfor Calvin Mansnembra, SE., M.B.A dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan menyambut baik kehadiran Pengurus AKKOPSI, Kementerian Kesehatan RI, UNICEF dan instansi terkait lainnya pada acara AHL Biak Numfor 2023.

“Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Biak Numfor, kami menyampaikan terima kasih dan semoga acara ini dapat terlaksana dengan baik sampai selesai,” pungkasnya.*

Reporter : Vhie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.