Wujud Komitmen Pemerintah Daerah Di Wilayah BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor Mencapai UHC

0
121
Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Biak Numfor, Indra Bayu, S.KM

TNews, BIAK – Apresiasi Kepada 8 (Delapan) Pemerintah Daerah (Pemda) di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor yang telah mewujudkan komitmen serta bukti nyata dalam memberikan pelayanan jaminan kesehatan kepada masyarakat melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal tersebut dibuktikan dengan tercapainya Universal Health Coverage (UHC) kurang lebih sebanyak 110,7% total penduduk.

Sebagai apresiasi atas komitmen tersebut, maka akan dilaksanakan pemberian penghargaan oleh Wakil Presiden, Bapak Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma’ruf, pada hari Selasa tanggal 14 Maret 2023 bertempat di Balai Sudirman, Jakarta. Dan dihadiri oleh Kepala Daerah Kabupaten yang telah UHC antara lain : Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Supiori, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Waropen, Kabupaten Nabire, Kabupaten Paniai, Kabupaten Deiyai dan Kabupaten Dogiyai.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Biak Numfor, Indra Bayu, S.KM mengatakan pentingnya memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat sebagai bentuk pelayanan kesehatan yang berkelanjutan dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya Kabupaten Biak. Oleh sebab itu pemerintah daerah memberikan penjaminan kesehatan bagi penduduknya melalui program JKN.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran pemerintah daerah Kabupaten Biak yang telah melaksanakan UHC dan telah bersedia menjamin kesehatan seluruh Masyarakat karena hal tersebut merupakan bukti nyata akan kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat Kabupaten Biak. Capaian UHC ini tentu bukan akhir dari segalanya, lebih dari itu kami masih memerlukan dukungan seluruh jajaran pemerintah daerah dan seluruh Pemangku Kepentingan di Kabupaten Biak untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan jumlah kepesertaan aktif JKN agar penduduk semakin terlindungi jaminan kesehatannya. Selain itu peran serta pemerintah daerah dalam peningkatan sarana layanan kesehatan sangat diperlukan agar untuk selanjutnya masyarakat yang berobat dapat terlayani sehingga tidak perlu dirujuk ke luar daerah”, pungkas Indra Bayu.

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Biak Numfor akan terus bersinergi dan terus berupaya untuk memberikan pelayanan optimal bagi peserta JKN sebagai bentuk upaya transformasi mutu layanan di seluruh fasilitas kesehatan, baik di tingkat pertama maupun lanjutan, Untuk itu, telah dilakukan sejumlah inovasi, termasuk layanan berbasis digital yaitu antrean online dengan menggunakan Aplikasi Mobile JKN, Display Informasi Ketersediaan Tempat Tidur, Display Jadwal Operasi, Telemedicine, dan simplifikasi alur pada layanan tertentu. Upaya transformasi mutu layanan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kepuasan peserta terhadap pelayanan di fasilitas kesehatan.

Indra juga menyampaikan bahwa saat ini BPJS Kesehatan telah menyediakan saluran informasi BPJS Kesehatan Care Center 165 sebagai media informasi dan penanganan keluhan. BPJS Kesehatan juga terus memperluas kanal pendaftaran dan administrasi kepesertaan baik dengan tatap muka maupun tanpa tatap muka seperti Pelayanan Administrasi melalui Whatssapp (PANDAWA) 08118165165.

Peserta juga dapat mengakses Aplikasi Mobile JKN dengan berbagai fitur yang mempermudah peserta mengakses layanan secara mandiri. Saat ini juga peserta JKN dapat menggunakan KTP Elektronik/NIK untuk mengakses layanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Reporter : Vhie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.