KKN Tematik UNG Desa Mopuya Gelar Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Promosi Potensi Desa Menggunakan Canva

0
43
Gambar : Foto Kelompok KKN Desa Mopuya saat berfoto dengan beberapa perwakilan masyarakat sambil memamerkan hasil karyanya usai menggelar kegiatan pelatihan dan pendampingan promosi desa menggunakan Canva. (Foto Istimewa).

TNews, BONE BOLANGO – Kelompok Mahasiswa yang tergabung di dalam KKN Tematik Universitas Negeri GORONTALO berkolaborasi bersama masyarakat setempat, karang taruna, dan pelaku UMKM melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan promosi potensi desa menggunakan Canva, sebuah alat desain grafis yang akan membantu mereka mengangkat pesona desa mereka ke tingkat berikutnya. Kegiatan ini dilaksakan di Desa Mopuya, Kecamatan Bulawa, Kabupaten Bone Bolango

Pelatihan dimulai dengan pemaparan tentang potensi Desa Mopuya. Dalam kelompok-kelompok kecil, warga desa bersama dengan pendamping desa mulai merencanakan strategi pemasaran yang kreatif menggunakan Canva. Mereka belajar membuat Logo UMKM dan materi promosi visual lainnya yang menarik perhatian. Adapun potensi desa yang diangkat dalam kegiatan ini adalah UMKM khas Desa Mopuya yaitu Acar Jantung Pisang (AJP), Kerupuk Cumi Pak Ramin (KECUPAN), dan Keripik Pelepah Pisang (KEPANG).

Koordinator Desa Suaib A. Siraj mengatakan bahwa pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 02-03 September 2023 dan selama proses pelatihan, pendamping desa memberikan bimbingan tentang bagaimana mengunggah foto-foto indah tentang UMKM khas desa ke dalam Canva.

“Jadi mereka nantinya akan memilih warna dan Font yang sesuai dengan karakter Desa Mopuya,” kata Suaib.

Gambar : Foto Mahasiswa KKN Tematik UNG Desa Mopuya tahun 2023.

Selain itu dirinya menambahkan setelah melakukan pelatihan dan pendampingan promosi potensi desa menggunakan Canva, hasilnya sangat mengagumkan. Warga desa telah berhasil menciptakan materi promosi yang menakjubkan menggunakan Canva.

“Mulai dari logo UMKM warna-warni, hasil olahan UMKM yang memiliki cita rasa yang unik, dan media sosial desa sekarang penuh dengan grafik yang mengundang minat para masyarakat setempat untuk lebih mendukung kemajuan UMKM Desa Mopuya,” tambahnya.

Dengan tekad dan keahlian yang baru ditemukan, Desa Mopuya telah mengambil langkah besar dalam mengangkat potensi desanya. Mereka tahu bahwa dengan Canva dan dorongan dari pelatihan dan pendampingan, mereka dapat menghadirkan keuntungan dari UMKM desa mereka dan meningkatkan ekonomi lokal. Ini adalah kisah tentang bagaimana teknologi sederhana seperti Canva dapat mengubah nasib suatu desa menjadi lebih maju.*

Reporter : Alwi Kakoe

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.