Amabom Ajak Masyarakat, Lestarikan Budaya

0
328

Totabuanews.com, Kotamobagu – Aliansi Masyarakat Adat Bolaang Mongondow (Amabom ) mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat ikut berperan dalam melestarikan budaya daerah Bolaang Mongondow.

Jemy Lantong selaku ketua Amabom menjelaskan, pentingnya tradisi budaya akan memperkaya daerah kita, bangsa yang besar adalah bangsa yang kenal akan jati dirinya.

Di daerah Bolaang Mongondow, adat merupakan jati diri suatu daerah, selain itu dari persepsi orang di daerah masing-masing mempunyai sejarah tersendiri, ada banyak orang yang mempunyai versi sejarah dengan pandangan yang berbeda.

Olehnya, kehadiran Amabom merupakan suatu wadah dalam merangkul semua sejarah dan persepsi masing-masing dan mendiskusikannya, “Amabom tidak mengeksekusi bahwa ini benar, akan tetapi amabom adalah wadah untuk tempat berdiskusi” Kata Ketua Amabom.

Ia menambahkan, bahwa wadah ini, bukan hanya semata untuk melestarikan budaya tapi lebih penting adalah melindungi dan memperjuangkan hak-hak adat itu sendiri.

Saat ini, Amabom tengah berupaya untuk terus memperbanyak referensi budaya Bolaang Mongondow dan menfasilitasinya dalan seminar atau kajian yang juga menghadirkan akademisi. “ seperti beberapa lalu seminar di Boltim” ujar jemy.

Persoalan adat memang selalu identik dengan Orang tua, Namun dilain sisi adat adalah milik kita semua, ia juga menegaskan kepada seluruh elemen masyarakat baik kalangan anak-anak dan pemuda, untuk turut serta dalam melidungi Tradisi Budaya Bolaang Mongondow. (muslim/dink)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.