JG-KWL Wajibkan Mulok Bahasa Tonsea dari PAUD Hingga SMP

0
4

TNews, Minut – Ancaman memudarnya penggunaan bahasa Tonsea sebagai bahasa ibu untuk kalangan generasi muda di kabupaten Minahasa Utara (Minut), sebagai dampak cepatnya perkembangan teknologi dan arus globalisasi, memacu bupati Joune Ganda dan Wakilnya Kevin W Lotulung, membuat terobosan mewajibkan pembelajaran Bahasa Tonsea sebagai mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok) untuk diajarkan di tingkatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal ini juga sebagai bentuk komitmen JG-KWL dalam melestarikan budaya lokal khususnya penggunaan Bahasa Tonsea.

Komitmen ini ditandai dengan perekutan dan pelepasan para Tutor sebagai pendamping guru muatan lokal Bahasa Daerah Tonsea, Selasa (21/09/2021) oleh bupati JG di pendopo Kantor Bupati Minut.

Terobosan ini juga menurut bupati Joune Ganda, tidak lepas dari dorongan dari orang tua serta tua-tua adat Tonsea yang berkerinduan munculnya pembelajaran bahasa Tonsea di sekolah.

“Hari ini di Pendopo Pemkab Minahasa Utar,a kami melakukan pelepasan tutor pendamping, guru di PAUD, TK, SD, SMP Kabupaten Minahasa Utara dan apa yang menjadi harapan bersama dengan hal yang baik ini akan terlaksana untuk kelestarian budaya terutama bahasa Tonsea,” kata bupati.

Selanjutnya bupati menyampaikan  rasa terima kasihnya kepada Tua-Tua adat atas pemberian diri dan kerelaan sehingga ikut terlibat sebagai pendamping, tutor pembelajaran bahasa Daerah Tonsea.

“Semoga kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Tonsea untuk anak didik dapat meningkat, dan menimbulkan apresiasi terhadap budaya daerah sehingga bisa lebih mengenal serta berkemauan untuk menjaga dan melestarikan budaya daerah yang kita miliki bersama ini,” harap JG.

Turut ikut dalam acara pelepasan ini Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara, Bapak Drs Ramoy M Luntungan sebagai Tokoh Masyarakat Tonsea/Mantan Bupati Minahasa Selatan, Bapak Drs Ruddy Umboh sebagai Mantan Pelaksanan Tugas Bupati Minut, Bapak Herman Dendeng dan pengurus dan anggota Paimpulun Ne Tonsea Nuwu. (MT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.