Let’s Colour Dulux Hantarkan Kawasan Suryatmajan di Yogyakarta Raih Predikat Kampung Wisata Binaan Kemenparekraf

0
229
Direktur Tata Kelola Destinasi Wisata Berkelanjutan Indra Ni Tua secara simbolis menabuh genderang sebagai peresmian Suryatmajan, Yogyakarta sebagai Kampung Wisata Binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

TNews, YOGYAKARTA – Melalui program Let’s Colour yang menghadirkan pesona baru, berupa lukisan mural yang indah berwarna-warni, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) yang merupakan produsen cat Dulux mengantarkan kawasan Suryatmajan di Yogyakarta meraih predikat sebagai Kampung Wisata Binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023.

Program Let’s Colour telah membuktikan kekuatan positif dari cat dan warna yang dapat mengubah lingkungan tempat tinggal, suasana dan kehidupan warga Suryatmajan.

Para pejabat berfoto bersama dalam Peresmian Kampung Wisata Suryatmajan Berwarna

Direktur Tata Kelola Destinasi Wisata Berkelanjutan, Indra Ni Tua, mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, pada hari Kamis (16/3/2023) mengatakan, Desa wisata merupakan salah satu destinasi pariwisata Indonesia yang memiliki potensi sangat besar bagi perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kata dia, Desa wisata menjadi lokomotif kebangkitan sektor pariwisata, karena tidak hanya menarik minat wisatawan, namun juga membuka lapangan pekerjaan dan peluang usaha baru bagi para pelaku ekonomi kreatif.

“Salah satu kriteria Anugerah Desa Wisata Indonesia adalah daya tarik wisata berupa alam dan buatan serta seni dan budaya. Salah satu upaya meningkatkan daya tarik pengunjung, masyarakat desa wisata dapat memperindah desa melalui kebersihan, keberlanjutan lingkungan dan warna-warni yang menarik,” jelasnya.

Tari Ecoprint Nusantara oleh warga Suryatmajan menandai Peresmian Kampung Wisata Suryatmajan Berwarna.

Sementara itu Pejabat Walikota Yogyakarta yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kota, Aman Yuriadijaya mengatakan, Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata utama yang dikenal luas oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Saat ini sektor pariwisata mulai bergeliat dan bergerak ke arah positif, dan Yogyakarta harus melakukan inovasi dalam rangka menarik wisatawan untuk berkunjung, antara lain dengan memperindah Daerah Istimewa Yogyakarta, termasuk kawasan Suryatmajan.

“Kami mengucapkan selamat kepada warga Suryatmajan yang meraih predikat Kampung Wisata Binaan Kemenparekraf Republik Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023. Prestasi ini merupakan hasil positif dari program Let’s Colour Dulux melalui PT ICI Paints Indonesia yang memberikan dukungan bagi warga Suryatmajan untuk melukis mural pada dinding, pagar, jalan pemukiman dan bangunan rumah mereka sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, menggerakkan perekonomian setempat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Yuriadijaya.

Lukisan mural di kampung binaan Kemenparekraf

Yudhy Aryanto selaku Country Commercial Head PT ICI Paints Indonesia yang turut hadir dalam acara ini mengatakan, Program Let’s Colour  menunjukkan nilai dari tujuan People.Planet.Paint.

“Kami memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan. Kami yakin kekuatan cat bisa mengubah lingkungan menjadi lebih indah dan menyenangkan. Lukisan mural di dinding, pagar, jalan pemukiman dan bangunan rumah warga yang luasnya hampir 2.700 meter persegi dan menggunakan sekitar 800 liter cat Dulux. Kegiatan melukis mural melibatkan mahasiswa dan mahasiswi yang sedang kuliah kerja nyata dan Bergada Rakyat Suryatmajan – pasukan Prajurit warga Kelurahan Suryatmajan. Dengan keindahan mural ini, kawasan Suryatmajan kini menjadi salah satu landmark populer yang menarik minat lebih banyak wisatawan,” jelasnya.

Lukisan mural di kampung binaan Kemenparekraf

Tak ketinggalan, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Suryatmajan, Andreas Danar Krissetyanto juga mengucapkan terima kasih kepada PT ICI Paints Indonesia yang membantu sektor pariwisata di Suryatmajan melalui lukisan mural.

“Dengan suasana baru yang lebih hidup dan indah, Suryatmajan meraih predikat sebagai Kampung Wisata Binaan Kemenparekraf Republik Indonesia, dan kami antusias menyambut lebih banyak wisatawan untuk menikmati keunikan serta keindahan Suryatmajan,” pungkas Andreas.

Lukisan mural di kampung binaan Kemenparekraf

Selain keindahan lukisan mural, kawasan Suryatmajan juga memiliki kegiatan wisata lainnya, yaitu Onthel Cycling Heritage Tour yang merupakan kegiatan wisata sepeda santai menyusuri kawasan garis Sumbu Filosofi : Panggung Krapyak – Katon Yogyakarta – Tugu Pal Putih, kuliner serba jamur, seperti bakpia jamur, kripik jamur, sate jamur hasil budidaya warga Suryatmajan.

Memberikan warna pada kawasan Suryatmajan sehingga  suasana lebih hidup dan indah merupakan salah satu program Let’s Colour terkini di Indonesia. Sejak tahun 2016, program Let’s  Colour telah diadakan di beberapa kota : Jakarta, Surabaya, Bandung, Palembang, Salatiga, dan Padang.

Reporter : Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.