Masjid Tertua Indonesia Timur Terdapat di Kopandakan

2
2087
Mesjid Tertua Yang Sudah Direnovasi
Mesjid Tertua Yang Sudah Direnovasi

TOTABUANEWS.COM, Lolayan – Ratusan Masjid yang berada di Bolaang Mongondow, terdapat satu di antaranya yang konon merupakan Masjid tertua di wilayah Indonesia bagian Timur. Masjid tersebut adalah Masjid Kopandakan.

Mesjid Al-Huda terletak di Desa Kopandakan, Kecamatan Kotamobagu Selatan. Mesjid ini menyimpan cerita bagi terdahulu (orang-orang terdahulu).

Menurut cerita rakyat, mesjid tersebut yang merupakan pertama dan tertua di daerah Bolaang Mongondow. Mesjid ini di bangun pada tahun 1926 dimasa pemerintahan Kepala Desa (sangadi) Losik Lobud. Pada masa penjajahan belanda waktu itu.

Pada mulanya tempat itu masih berupa langgar yang terbuat dari Bambu, selain itu, langgar itu juga, sering kali menjadi persinggahan bagi masyarakat yang melintasi wilayah tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh mantan Imam Mesjid Al-Huda, Ban Sawang Mokolintad. Mokolintad mengatakan, dari data Dewan Pimpinan Mesjid Indonesia (DPMI) Satu-satunya mesjid yang tertua untuk kawasan Indonesia Timur terdapat di Kopandakan. Waktu itu, jumlah pemeluk agama Islam baru berjumlah 70 orang “memang benar”, kata tete Rita.

Mulanya mesjid ini dari upaya sekelompok orang, untuk membuat sebuah langgar atau tempat persembahyangan Umat Islam dengan Gotong Royong. Namun disisi lain, mesjid tersebut ternyata menyimpan misteri yang hingga kini belum terungkap.

Misteri tersebut adalah salah satunya tiang penyangga yang berada di dalam mesjid yang berjumlah empat Buah. Menurut Mantan Iman, dimana tiang tersebut kerap menunjukan sebuah keajaiban bagi setiap orang yang hatinya bersih untuk menjalankan sholat. “Banyak kali, tiang Alip itu menunjukan keajaiban bagi orang-orang yang benar menjalankan sholat,” tutup Tete Rita, tanpa memperpanjang cerita. (muslim/dk)

2 KOMENTAR

  1. Mohon maaf. Kalau dibangun pada tahun pada tahun 1926 M, berarti masih belum bisa dikatakan mesjid tertua di Indonesia timur. Disebut salah satu mesjid tertua mungkin bisa, namun masih harus diselidiki lebih jauh dan dalam lagi. pembangunan masjid ini tidak lepas dari proses masuknya Islam di Bolmong. Sedangkan agama Islam di Bolmong, baru masuk belakangan, bahkan sebelum itu, daerah2 di Indonesia timur lainnya seperti ternate, makasar, bugis, buton dan gorontalo, jauh sudah memeluk agama islam dibandingkan bolmong, pastinya punya mesjid yang lebih tua dari yang di kopandakan itu.
    Sebagai contoh, Masjid Hunto Sultan Amay yang disebut mesjid tertua di gorontalo ini, berdiri pada tahun 899 Hijriah atau 1495 Masehi. Masjid al-hilal katanga, masjid iini dibangun pada tahun 1603 masehi atas inisiatif sultan Gowa di makasar. Ada juga Madjid Tua Palopo, didirikan oleh Raja Luwu bernama Sultan Abdullah Matinroe pada tahun 1604.
    Jadi sekedar usulan, saya kira karya jurnalistik ini harus direvisi, minimal dari judulnya.. Sukur moanto..

  2. ass saya i ngin menambahkan sedikit dan ingin meluruskan sejarah ,jadi mesjid tertua di indonesia bagian timur adalah mesjid wapaue keitetu dimaluku tengah dibangun tahun 1414 m,baru mesjid hunto sultan amay digorontalo di bangun tahun 1493 m,baru mesjid al hilal ketangka gowa dibangun tahun 1603 m,mesjid tua diplopo dibangun 1604m oleh raju luwu’ datu;payung luwu XII,Mesjid sultan ternate dibangun tahun 1606m oleh sultan saidi barakati terletak di soa-soa ternate utara,mesjid agung wolio dibangun tahun 1712m oleh sultan sakinudin darul alam (sultan buton) mesjid agung awwal fathul mubien dibangun tahun 1772 m dikp islam tuminting manado,islam masuk bolaang mongondow tahun 1832 oleh syarif aloewi.jadi mesjid al hudah dikopandakan bukan mesjid tertua karena baru dibangun tahun 1926.m ,mohon maaf apabilah ada kesalahan dalam penulisan ini. maksih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.