Rayakan Beseprah, Bupati Kukar: Cintailah Adat Istiadat Tanah Kutai

0
29
Pesta adat Beseprah oleh Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura bersama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa, 26/9/2023 (Photo Heriyanto)

TNews- Kukar – Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, bersama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar, merayakan keberlanjutan tradisi dengan menggelar pesta adat Beseprah. Acara ini menjadi bagian istimewa dalam rangkaian perayaan Erau Adat Pelas Benua Tahun 2023.

Pada Selasa 26 September 2023,  di depan Museum Mulawarman Tenggarong, Sultan beserta kerabat Kesultanan, Bupati Kukar beserta jajarannya, Forkopimda dan masyarakat bergabung dalam kegiatan makan bersama di atas tikar. Ritual Beseprah, bagian tak terpisahkan dari Erau Adat Pelas Benua, menjadi momen di mana tidak ada batasan sosial antara warga dan pejabat.

Bunyi kentongan bambu yang disuarakan oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Bupati, dan Forkopimda, memulai serangkaian acara yang disambut gembira oleh semua peserta. Masyarakat yang hadir sejak pagi merasa bahagia bisa menikmati hidangan yang disajikan dalam suasana keakraban.

Dalam sambutannya, Bupati Edi Damansyah menegaskan bahwa Beseprah bukan hanya sekadar tradisi, melainkan bagian tak terpisahkan dari Pesta Erau Adat Pelas Benua. Ia mengajak generasi muda untuk menjaga dan mencintai warisan budaya di tengah arus modernisasi.

“Cintailah tradisi adat istiadat di Tanah Kutai di tengah majunya zaman digitalisasi dan teknologi seperti sekarang ini,” ujarnya dengan penuh semangat.

Edi Damansyah menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya ritual Beseprah dengan baik, tertib, dan aman.

Kata orang nomor satu di Kukar, perayaan Beseprah tidak hanya menjadi momentum untuk menjalin keakraban antara pejabat dan rakyat, tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan dalam menjaga kekayaan budaya Kutai Kartanegara Ing Martadipura. (Adv/ Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.