Rumah Adat Kobo Kecil Museum Budaya Kebanggaan Kotamobagu

0
108
Loading...

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Pemanfaatan Dana Desa (Dandes) di Desa Kobo Kecil Kecamatan Kotamobagi Timur, dalam pengembangan sektor kebudayaan dan pariwisata dimaksimalkan.

Sebuah rumah adat Bolaang Mongondow, dibangun dan jadi kebanggaan serta museum budaya di kotamobagu.

Sekertaris Desa (Sekdes) Kobo Kecil Irwan Mokodompit, pembangunan rumah adat ini, adalah salah satu persyaratan untuk menjadi desa wisata di Kotamobagu.

“Tahun lalukan desa ini sudah ditetapkan sebagai “Desa Wisata”, dan salah satu persyaratannya harus ada rumah adat. Sehingga, kami bangun lewat Dandes 2017 dengan anggaran kirang lebih 100 juta,” katanya, Kamis (28/06/2018).

Untuk tahun ini, lanjutnya, pihaknya juga menganggarkan segala kelengkapan fasilitas penunjang lain.

“Jadi semua kebutuhan dari lembaga adat disini akan kami anggarkan yang nantinya akan disimpan di rumah adat itu. Tentunya akan berkoordinasi dulu dengan lembaga adat disini untuk kelengkapan fasikitas lainnya,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobahu Agung Adati menambahkan, desa kobo kecil memang sudah ditetapkan sebagai desa wisata di kotamobagu pada tahun lalu.

“Jadi selain wisatanya, rumah adat juga perlu dibangun sebagai salah satu persyaratan desa wisata. Dan itu sangat bagus karena pembangunannya sudah ada tinggal bagaimana pemerintah mendorong itu, tentunya kelengkapan fasilitas lainnya lewat Dana Desa,” singkatnya.

Peliput: Neno Karlina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.