2013, Bolmut Koleksi Dua Kasus DBD

0
236

foggingTOTABUANEWS.COM, Boroko – Tahun 2013 hingga bulan September ini, tercatat baru dua kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), data ini seperti temuan di tahun sebelumnya yang juga hanya mengoleksi dua kasus.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, Sitty Sabrina Buhang, langkah-langkah antisipasi dini terus dilakukan, terutama melakukan pemberantasan jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti pembawa virus berbahaya ini.

“Setelah ditemukan kasusnya, kami langsung melakukan langkah-langkah antisipasi penyebarannya, yakni dengan melakukan pembasmian jentik-jenjtik nyamuk,” jelas Buhang.

Lebih lanjut, Buhang menambahkan, pemusnahan dilakukan dengan cara pengasapan di daerah-daerah yang terindikasi terjangkit DBD. Dirinya berpendapat, virus tersebut sebenarnya masuk ke Bolmut dibawa oleh salah satu penderita dari daerah lain.

”Jadi kesimpulannya Bolmut tidak pernah terjangkiti virus DBD. Keberadaan DBD yang terpantau selama ini sejak 2012, dari si penderita yang berstatus penderita DBD dari luar Bolmut. Karena tidak dilakukan pengawasan, virusnya langsung menyebar dan menjangkiti warga Bolmut,” kata Buhang.

Karena itu, mewakili pemerintah daerah, Buhang menyarankan kepada masyarakat untuk senantiasa memperhatikan kesehatan lingkungan. Juga untuk selalu mewaspadai kondisi cuaca yang berubah-ubah saat ini.

“Program 3 M plus penting dipahami masyarakat, termasuk cara-cara pencegahan dini dijelaskan didalamnya, yakni menguras tempat penampungan air, menutupnya, serta menimbun sampah-sampah yang menggenagngi air. Sehingga nyamuk tidak lagi menempati dan berkembang biak di tempat itu. Sementara plusnya adalah selalu mengunakan anti nyamuk yang tidak berbahaya bagi manusia,’’ pungkasnya. (eking/jun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.