0
30
TNews, BOLMONG – Sedikitnya, 1570 sambungan yang ditargetkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) tahun 2020 melalui program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) saat ini telah mencapai 1370 sambungan.
Hal tersebut sebagaimana dikatakan Direktur Utama (Dirut) PDAM Bolmong Kamran Muchtar, Rabu (16/09/2020).
“Iya, target kita 1570 sambungan tahun ini. Dan yang belum terpasa tinggal 200 sambungan melalui kategori MBR ini,” ungkapnya.
Program yang ditujukan kepada masyarakat dengan penghasilan rendah tersebut sangat membantu untuk mendapat akses air minum bersih dan sehat dari PDAM Bolmong. Sebab kata dia, masih banyak masyarakat yang ingin mendapatkan akses air bersih namun terkendala dengan biaya pemasangan baru.
“Lewat program MBR ini, masyarakat dengan penghasilan rendah akan terbantu untuk pemasangan baru. Jadi mereka tidak dikenakan biaya untuk pemasangan. Namun, setiap bulannya harus membayar iuran sebagaimana pemakaian air oleh masing-masing rumah,” tuturnya.
Selain itu, pada tahun 2021 mendatang, pihaknya menargetkan kembali program MBR ini dengan total 1800 sambungan rumah. Namun, bagi mereka yang ingin masuk dalam program tersebut harus sesuai dengan kategori MBR.
“Program MBR ini merupakan wujud dari dua fungsi PDAM selaku perusahaan daerah. Satu sebagai fungsi sosial dengan mewujudkan program seperti MBR ini, dan satunya lagi adalah fungsi ekonomi, dimana PDAM menjadi salah satu sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tutupnya.
Imran Asiaw 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.