Aneh, Pangian Barat Miliki Dua Sangadi

0
408

TOTABUANEWS.COM, Bolmong – Hal yang cukup aneh terjadi di Desa Pangian Barat Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Induk. Pasalnya dalam Satu desa dipimpin oleh dua kepala Desa (sangadi,red). Bahkan, dalam pantauan TOTABUANEWS.COM Selasa (03/09) lalu, terdapat dua bendera dan dua papan nama betuliskan Sangadi Pangian Barat, didua rumah yang berbeda.

Sejumlah warga pun bingung saat harian ini menanyakan dimana rumah sangadi Pangian Barat. “Sangadi yang mana ? Masaalahnya di Pangian Barat ada dua Sangadi. Sangadi terpilih Altap Tiwah, atau Pelaksana Harian (PLH) Sangadi Mursally Mokoginta,” ungkap sejumlah warga.

Ketika Ditemui Camat Passi Timur Ofie Ratu Melalui Sekcam Irwan Sugeha mengakui adanya itu. Namun, menurutny bukan dua Sangadi melainkan dua bendera. Yakni, yang satu didepan rumah Plh Sangadi Mursally Mokoginta sedangkan yang satunya lagi didepan rumah Sangadi terpilih Altap Tiwah.

“Tetapi Surat Keputusan (SK) atas nama Altap Tiwah dibatalkan oleh Pemkab karena waktu diperiksa inspektorat daerah terbukti melakukan Money Politik dan mempergunakan Cap Desa (Fasilitas Negara.red) untuk kepentingan pencalonannya beberapa waktu kemarin,” ungkap Sugeha.

Lanjutnya lagi, Altap Tiwah sengaja menaikkan bendera didepan rumahnya dan papan yang bertuliskan Sangadi sebagai ungkapan atas kemarahannya karena dia menginginkan dia harus dilantik walaupun hanya satu hari. Namun, hal ini tidak dibenarkan oleh pihak kecamatan karena SK pembatalan sudah turun. “Sampai dengan saat ini pihak kecamatan tidak berani untuk menyuruh Altap Tiwah menurunkan bendera yang dipasang didepan rumahnya ataupun mencabut papan yang bertuliskan Sangadi Pangian Barat, takutnya terjadi masaalah,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya masih menunggu surat kedua dari Pemkab Bolmong sehubungan dengan pembatalan SK tersebut. Selanjutnya akan berkoordinasi dengan pihak Polsek Passi untuk menurunkan bendera dan papan yang bertuliskan Sangadi, didepan rumahnya. “Akan tetapi sampai saat ini kondisi Desa Pangian Barat Kondusif aman-aman saja,” jelasnya.

Diketahui, Altap Tiwah merupakan Sangadi Pangian Barat sebelumnya dan terpilih pada Pemilihan Sangadi saat ini. sampai dengan berita ini diturunkan Altap Tiwah tidak bisa dimintai Keterangan karena tidak berada ditempat. (m-16/kon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.