ASN dan Tenaga Ahli Diskominfo Bolmong Tingkatkan Pemahaman Teknologi Informasi

0
46
Sejumlah ASN dan Tenaga Ahli Diskominfo Bolmong saat mengikuti Peningkatan Pemahaman dan Kemampuan Teknologi Informasi. (Foto/Istimewa)

TNews, BOLMONG — Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Ahli di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terus meningkatkan pemahaman dan peningkatan kemampuan dalam teknologi informasi.

Hal itu dibuktikan dengan resmi setelah Diskominfo bekerjasama dengan PT. Jala Lintas Media (JLM), menggelar Sharing knowledge install dan konfigurasi DNS menggunakan linux, Rabu (07/04/2021) yang dibuka langsung Sekretaris Diskominfo Jenli Mongilong, di ruang rapat, kantor Diskominfo.

Jenli dalam sambutannya, mengatakan pihaknya mengapresiasi kehadiran PT. JLM dalam kegiatan sharing knowledge install dan konfigurasi DNS menggunakan linux.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman dalam peningkatan kemampuan ASN dalam teknologi informasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kahfi Alfarisi Firdaus dari PT. JLM saat memberikan materi, menjelaskan Domain Name Server atau DNS adalah sebuah sistem yang menghubungkan Uniform Resource Locator (URL) dengan Internet Protocol Address (IP Address).

“DNS adalah sistem yang meringkas pekerjaan Anda tinggal mengingat nama domain dan memasukkannya dalam address bar. DNS kemudian akan menerjemahkan domain tersebut ke dalam IP Address yang komputer pahami,” tutur Firdaus.

Menurutnya, untuk mengakses internet, perlu mengetikkan IP Address sebuah website. Cara ini cukup merepotkan. Sebab, ini artinya, perlu punya daftar lengkap IP Address website yang dikunjungi dan memasukkannya secara manual.

“Tiga fungsi DNS meminta informasi IP Address sebuah website berdasarkan nama domain, meminta informasi URL sebuah website berdasarkan IP Address yang dimasukkan dan mencari server yang tepat untuk mengirimkan email,” ujarnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.