Asosiasi Media Online Sulut (ASMOS) Resmi Terbentuk

0
346
Asosiasi Media Online Sulut
Asosiasi Media Online Sulut
Asosiasi Media Online Sulut

Totabuanews.com, Manado – Terhitung sejak Hari Jumat (4/1/2013) di Manado telah lahir organisasi media online dengan nama Asosiasi Media Online Sulawesi Utara (ASMOS). Tujuan di bentuknya ASMOS adalah sebagai wadah komunikasi dan tukar pikiran serta membahas berbagai hal penting mengenai perkembangan informasi dan teknologi khususnya media online.

Di dalam ASMOS sendiri bernaung enam media online yang ada di Nyiur Melambai, yakni Beritamanado.com, Manadotoday.com, Cybersulutnews.com (CSN), Idmanado.com, serta ditambah dua media online dari Bolaang Mongondow Raya, yaitu Bolmutpost.com dan Totabuanews.com.

Menurut Hanny Sumakul, Pemimpin Redaksi (Pemred) Beritamanado.com, ASMOS adalah wadah dari media online di Sulut untuk membangun komunikasi positif antar media online. “ASMOS merupakan wadah atau ruang diskusi antar wartawan media online yang bernaung didalamnya, terutama dalam menyikapi berbagai hal, termasuk perkembangan media online. Serta sarana untuk bersama media online yang lainnya, dalam membangun pengetahuan mengenai perkembangan media online dewasa ini di masyarakat serta masalah lainnya,” kata Sumakul yang hadir bersama Redaktur Pelaksana (redpel), Agus Hari.

Hal yang sama dikatakan Hermanto, dari Manadotoday.com. Menurut Hermanto, ASMOS hadir untuk memberikan pencerahan mengenai media online yang sebenarnya bagi masyarakat Sulut. “Dengan wadah ini, tentu akan menjadi hal baik bagi media online yang ada, terutama membangun persepsi yang sama antar media online,” ucapnya.

Demikian pula dikatakan Lexi Mantiri, Pemred Idmanado.com yang menyatakan, ASMOS semata bukan hanya wadah kumpul-kumpul saja dari beberapa media online, tetapi yang terpenting bagaimana bisa membangun masyarakat Sulut yang benar-benar mengerti dengan informasi dan teknologi.

“Yang terpenting bagaimana media online turut mempunyai andil dalam membangun masyarakat Sulut dengan kualitas dari pemberitaan, terutama yang sesuai dengan UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers, serta Etika Jurnalis yang ada,” jelas Mantiri.

Sementara Vebry T Haryadi, Pemred Cybersulutnews.com (CSN) mengatakan, wadah ASMOS dibuat terbuka bagi semua media online yang ada di Sulut. “Wartawan memiliki mandat untuk mendukung serta memelihara dan menjaga kemerdekaan pers sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers. Sehingga media online pun harus terus memaknai apa yang telah tercantum dalam UU No.40 Pers tersebut. Dengan ASMOS, tentu bisa menjadi wadah bagi media online yang ada di Sulut untuk bersama membangun daerah,” urai Vebry yang hadir bersama Alfa Leo.

Refly Hertanto (Pemred Bolmutpost.com) dan Eka Pratama Saputra (Totabuanews.com), kedua media online yang ada di Bolaang Mongondow Raya pun turut mensupport dan bergabung dengan ASMOS. “ASMOS tentunya harus bisa menjawab berbagai pertanyaan masyarakat mengenai plus dan minus kehadiran media online di Sulut,” tambah keduanya. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.