Bawa Misi Pembangunan Pemuda dan Olahraga, JG-KWL Temui Menpora

0
23
JG tampak berbincang serius dengan Menpora

TNews, Jakarta – Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda dan wakilnya Kevin Lotulung, Selasa (06/04/2021) berhasil menemui Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dr. Zainudin Amali, S.E, M.Si, di ruang kerja Mentora di lantai 10 gedung Kantor Menpora, Jl. Gerbang Pemuda No. III, Kel. Gelora, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

JG menyebutkan, dirinya dan wakil bupati, diteruma langsung Menpora sehingga dapat menyampaikan secara langsung pokok-pokok pikiran dalam menyukseskan pembangunan di sektor kepemudaan dan olahraga di Kabupaten Minut.
“Pada kesempatan itu kami menyampaikan permohonan kepada Menpora, untuk memberikan dukungan sekaligus mewujudkan realisasi perencanaan pembangunan kawasan olahraga yang bertaraf nasional di Minut yang telah tersusun dalam masterplan pembangunan yang ada,” jelas JG.
Selanjutnya bupati mengatakan, olahraga sebagai salah satu kebutuhan masyarakat dalam menunjang kesehatan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Minut, sehingga secara langsung membutuhkan sarana dan prasarana olahraga yang layak dan ini harus kita bangun.


“Kebutuhan akan sarana olahraga yang layak sangat dibutuhkan. Sehingga mampu menggairahkan ekonomi kreatif bidang olahraga yang berguna untuk membangkitkan Ekonomi para pelaku, pemerhati dan olahragawan juga yang berkaitan dengan olahraga, terutama pada masa Pandemi Covid-19 yang memukul sektor ekonomian. Disampikan pula ke Menpora bahwa dalamm mewujudkan kebutuhan tersebut, Pemkab Minut sangat membutuhklan sinergitas dengan pemerintah pusat disamping dengan pemerintah provinsi Sulut. Dan puji Tuhan pak Menpora mendukung seluruh rencana kegiatan dan pembangunan sarana dan prasarana olahraga yang akan dilaksanakan di Minut dalam mendukung sport tourism, dimana Likupang sebagai salah satu daerah super prioritas (DSP),” ujar bupati pilihan rakyat yang belum lama dilantik ini.
Menpora seperti dilansir dari laman website Kemenpora, menyatakan terkait usulan pembangunan stadion dan fasilitas olaharga, Menpora Amali menjelaskan bahwa di Kementerian yang dipimpinnya hanya memiliki kewenangan rekomendasi dan tidak memiliki kewenangan dalam hal pembangunan karena seluruh pembangunan infrastruktur menjadi tugas Kementerian PUPR.
“Kalau ada pengajuan sperti itu kami rekomendasikan ke Kemen PUPR,” pungkasnya.
Selain itu, Menpora Amali mendorong Minahasa Utara untuk mengembangkan sport tourism. Pasalnya di wilayah Likupang, masuk dalam destinasi pariwisata super prioritas.
“Jadi kita akan mendorong tentang sport tourism yang menjadi arah dari kebijakan olahraga wisata kita yang oleh bapak Presiden didorong dan kami sudah punya kerja sama sudah MOU dengan Kementerian Pariwisata dan Ekoknomi kreatif. Maka saya pesan ke Pak Bupati dan Pak Wakil dan jajaran pemerintah di sana konsentrasi dan fokus untuk mengembangkan itu. Kami dari Kemenpora tentu akan mensupport sepanjang sesui dengan apa yang ada kami,” jelasnya.
Selain itu, Menpora Amali meyakini sport tourism bisa menjadi solusi pemulihan ekonomi setelah terdampak pandemi COVID-19.
“Kita sangat berharap terhadap aktivitas kegiatan olahraga wisata atau sport tourism ini karena setelah pendemi setahun lebih mendera negeri ini ekonomi juga ikut terpukul dan bahkan terpuruk kalau boleh saya sampaikan. Nah dengan adanya kebangkitan yang kita dorong salah satunya dari pariwisata tentu kami dari Kemenpora mengaitkannya dengan sport tourism,” pinta Menpora Amali. (PCV)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.