Berkunjung ke Pemkab Bolmong, Anggota DPRD Provinsi Kalteng Belajar Soal Pembentukan Provinsi BMR

0
68
Asisten I Deker Rompas memberikan sambutan saat Kunker DPRD Provinsi Kalteng.

TNews, BOLMONG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) resmi menerima Kunjungan kerja (Kunker) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa (05/05/2021).

Diketahui, kedatangan para anggota legislatif Provinsi Kalteng tersebut, belajar soal bagaimana Pemkab Bolmong bersama derah lainnya bersiap membentuk Daerah Otonomi Baru (DOB), yakni Provinsi Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Mewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, kunker rombongan DPRD Kalteng itu diterima langsung Asisten I Setda Bolmong Deker Rompas, bersama Wakil Ketua DPRD Bolmong Sukron Mamonto dan Ketua Presidium Pemekaran Abdullah Mokoginta, di ruang rapat lantai II Kantor Bupati, di Lolak.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten I Deker Rompas sedikit memaparkan terkait dengan pembentukan Provinsi BMR, yang didalamnya ada Empat Kabupaten dan Satu Kota.

“Semoga dengan adanya kunjungan ke Kabupaten Bolmong saat ini, bisa memberikan setidaknya sedikit pencerahan terkait apa saja yang perlu diperhatikan baik secara administrasinya, aspirasi, maupun kebijakan strategis terhadap usulan, serta kelengkapan persyaratan untuk membentuk DOB,” kata Rompas dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalteng Yohanes Freddy Ering menyebut, maksud serta tujuan rombongan datang ke Bolmong, dalam rangka studi komparasi soal pembahasan usulan DOB. Di Provinsi Kalteng juga sudah mengusulkan pembentukan Kota Waringin. Karena itu, penting bagi pihaknya belajar di Kabupaten Bolmong.

“Rombongan kali ini sebagai tim pembahasan usulan DOB yang terdiri dari lintas fraksi dan komisi. Ini dalam rangka kaji banding ke Bolmong yang merupakan wilayah usulan pemekaran Provinsi BMR,” tutur Yohanes.

Dia menjelaskan, kedatangan tim juga untuk belajar segala bentuk yang menjadi panduan bagi Provinsi Kalteng, guna mewujudkan pemekaran daerah Kota Waringin, mengingat Kalteng daerah yang memiliki wilayah yang cukup luas.

Dia juga mengungkapkan, sebelumnya pihaknya telah melakukan pertemuan terlebih dahulu dengan Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), di Gedung DPRD Sulut, di Manado.

“Kami mendapat informasi baik. Serta, sangat mendukung usulan pembentukan persiapan Provinsi BMR yang didukung juga oleh Pemprov Sulut, ini sangat luar biasa,” ucapnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.